Minggu, 23 September 2018 08:04 WIB
pmk

Banten Raya

Direksi Bank Banten Apresiasi Komitmen Gubernur

Redaktur:

PROGAM KERJA-Dirut Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa memaparkan program kerja dalam acara Media Gathering di XXI Mal Alam Sutera, Tangerang, Kamis (6/9). SUMBER GINTING/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Jajaran Direksi Bank Banten mengapresiasi komitmen Gubernur Banten, Wahidin Halim dalam upaya memberikan tambahan modal kepada bank plat merah tersebut. Pasalnya, tambahan modal sebesar Rp 175 miliar yang dikucurkan dari APBD perubahan tersebut akan menunjang proses penyehatan bank tersebut.

“Kami mengapresiasi komitmen Pak Gubernur dalam usaha penyehatan Bank Banten dengan disetujuinya penyertaan modal baru sebesar Rp 175 miliar tersebut. Memang idealnya penyertaan modal yang kami ajukan adalah Rp 325 miliar, sesuai dengan Perda No 5 tahun 2013, namun dengan tambahan modal ini kami dapat mengembangkan beberapa layanan,” ujar Direktur Utama Bank Banten, Fahmi Bagus Mahesa kepada wartawan dalam acara Media Gathering , di XXI Mal Alam Sutera, Kamis (6/9).

Dikatakan, pihaknya memaklumi jika Pemprov Banten belum dapat memenuhi seluruh penyertaan modal yang diajukan pihaknya, karena Pemprov Banten pasti memiliki beberapa skala prioritas dalam pembangunan. Namun dalam segala keterbatasannya, Pemprov Banten tetap berkomitmen untuk menyehatkan Bank Banten.

“Kami optimistis sisa kekurangan penyertaan modal seperti yang tertuang dalam Perda No 5 tahun 2013 tersebut dapat direalisasi pada anggaran APBD murni tahun 2019 mendatang. Apalagi jika rencana Pemprov Banten mengalihkan sejumlah sahamnya di Bank BJB ke Bank Banten jadi terlaksana, tentu kondisi Bank Banten akan semakin menguat,” cetusnya.

Fahmi juga mengatakan dengan adanya suntikan dana segar ini, pihaknya merencanakan untuk membuka sejumlah kantor baru di kawasan Ciruas, Labuan dan Maja. Selain itu dana segar tersebut sebagian besar akan digunakan untuk menggelar Penawaran Umum Terbatas dengan mekanisme hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

“Kami akan bicarakan dulu dengan jajaran direksi dan komisaris, apakah mengadakan right issue dengan dana yang ada. Atau akan dilakukan bersamaan setelah seluruh penyertaan modal (Rp 325 miliar –Red) diberikan Pemprov di APBD 2019 nanti. Karena kami tidak mungkin mengadakan dua kali right issue dalam jangka waktu yang berdekatan,” katanya.

Kepastian soal Pemprov Banten dan DPRD Provinsi Banten telah sepakat memberikan tambahan penyertaan modal kepada Bank Banten senilai Rp175 miliar disampaikan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten, Mahdani kepada wartawan, Rabu (5/9). "Di APBD perubahan ini, Pemprov dan DPRD sudah sepakat memberikan penyertaan modal sebesar Rp175 miliar kepada Bank Banten," kata Mahdani.

Dia mengatakan, sebenarnya Pemprov Banten ingin memberikan penyertaan modal lebih dari itu, nsmun karena kemampuan keuangan daerah tak memungkinkan, akhirnya diambil jalan tengah dengan memberikan anggaran sebesar Rp 175 miliar dengan cara menggeser pos-pos anggaran.

"Bank Banten memang inginnya sesuai Perda No 5 tahun 2013 yakni Rp 325 miliar,  tapi kenaikan pendapatan daerah kita cuma Rp 112 miliar dan setelah menggeser pos-pos yang tidak terpakai maka didapat angka Rp 175 miliar tadi," kata Mahdani.

Selain penyertaan modal dari keuangan daerah, kata Mardani, Pemprov Banten juga masih mengupayakan kerja sama dengan BRI untuk penyertaan modal ke Bank Banten. "BRI sedang melihat kondisi bank tersebut, kalau oke, baru mereka akan melakukan investasi. Di luar upaya kerja sama pemprov dan BRI, Pemprov juga berencana kembali memberikan tambahan penyertaan modal kepada Bank Banten melalui APBD murni 2019. "Insya Allah, kita sedang konsultasi dangan KPK dengan OJK. Tahun depan dipenuhi sesuai perda," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah yang dikonfirmasi INDOPOS menyatakan pihaknya mendukung rencana  penambahan modal Bank Banten yang dilakukan Gubernur Banten senilai Rp 200 miliar.  Walau akhirnya hanya direalisasi sebesar Rp 175 miliar di APBD perubahan. (gin)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bank-banten 

Berita Terkait

IKLAN