Minggu, 18 November 2018 09:12 WIB
pmk

Nusantara

Kisah Avanza, Bayi Kembar Tiga yang Lahir di Mobil

Redaktur:

KEMBAR TIGA–Tiga bayi Avanza yang bikin seisi rumah bahagia. Foto: Radar Banten

PASANGAN suami istri (pasutri) Azri Prihatna (26) dan Mumun Muafiah (23) sedang berbahagia. Mereka dikaruani 3 anak kembar tiga sekaligus. Menariknya, ketiga anaknya tersebut diberi nama Avanza. Loh, kok bisa?

----------------

INDOPOS.CO.ID - Pagi sekitar pukul 07.00 WIB, Senin (27/8/2018) lalu, Mumun merasakan kontraksi. Tanda-tanda orang mau melahirkan. Ia mengira ini kontraksi biasa. Namun lama-kelamaan, sakitnya makin jadi. Ia kemudian teriak memanggil suaminya. Seketika, seisi warga Kampung Cibaga RT10 RW03, Desa Mangunreja, Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang ini heboh.

Melihat tanda-tanda mau melahirkan, Azri Prihatna, sang suami, saat itu juga langsung mendatangi Solehudin (46), kakak mertuanya untuk minta diantarkan ke RSKM Kota Cilegon. Solehudin pun bergegas mengeluarkan mobil Avanza hitamnya. “Setelah ada mobilnya, istri saya langsung kami gotong ke dalam mobil. Dia (Mumun) sudah tidak bisa jalan,” kata Azri, kepada media ini, Jumat (7/9/2018).

Tak hanya Azri dan Solehudin yang mengantar Mumun. Ternyata ada 3 orang lainnya yang ikut. Ada Marfiah (43),  ibu Mumun. Kemudian, ada juga Marjuki (65), kakak Marfiah. Terakhir, ada juga Hamka (60), kakak perempuan Marfiah. Ramai memang.

Sepanjang jalan, tampak wajah khawatir para orangtua di dalam mobil. Begitu juga dengan Azri. Ia terus menerus memegangi istrinya, Mumun yang setengah sadar. Marfiah, ibu Mumun bahkan minta agar Solehudin mempercepat laju mobil Avanza nya.

Suasana dalam mobil semakin tegang, ketika Mumun mulai merejang karena kontraksi hebat. Kalimat takbir dibacakan para penumpang dalam mobil, memohon keselamatan untuk Mumun.

Tapi ternyata Allah berkata lain. Ketika Avanza melintas di perempatan Saliraindah, Puloampel, Mumun tak kuat lagi. Ia melahirkan anak pertamanya. Suasana semakin tak terkendali. Ribut, heboh. Bagaimana tidak, Mumun melahirkan di mobil. Mobil tak jadi ke RSKM Kota Cilegon. Solehudin banting setir ke arah klinik terdekat.

Belum lagi ketemu klinik, sepuluh menit setelah kelairan anak pertama, keluar pula anak kedua. Mereka mengira, drama tegang Mumun melahirkan sudah berakhir setelah kelahiran anak kedua. Karena dokter sebelumnya memang menjelaskan hasil USG bahwa anak mereka kembar dua. Namun ternyata, masih ada satu kelahiran lagi, sehingga total anak yang lahir sebanyak tiga orang.

Untungnya, yang antar Mumun ke rumah sakit cukup banyak.  “Kami kira itu ari-ari. Ternyata anak ketiga. Kami semua kebagian pegang anak,” tutur Marfiah, mamak Mumun.

Selama di perjalanan, tak henti-hentinya seisi mobil berdoa. Sementara Solehudin terus mencari klinik terdekat. Cukup menegangkan suasanya ketika itu. Mobil penuh darah, sementara ari-ari tiga bayi kembar masih menjuntai.

Akhirnya setelah 20 menit kemudian, Solehudin melihat Klinik Keluarga, di Kampung Bakri Sumur Ranja, Kelurahan Puloampel, Kecamatan Puloampel. Bidan Nani Carini, dan Bidan Risa langsung melakukan penanganan. Tak lama dokter Zaenul menyusul ikut menangani.

“Saat itu betul-betul tegang, Mas. Tapi kalau sekarang diingat-ingat, kami tertawa bahagia karena berhasil melewatinya,” jelas Marfiah sumringah.

Nah, untuk mengenang sejarah itu, Azri dan Mumun memberikan nama ketiga anaknya itu dengan nama Avanza di bagian belakang.  Untuk anak pertama diberi nama Nazrina Khaira Avanza. Sedangkan anak keduanya diberi nama Nazrina Haura Avanza. Terakhir, diberi nama Nazrina Khaula Avanza

Azri, sang ayah mengungkapkan, soal ide memberikan nama Avanza, munculnya seketika. Tidak mungkin dipersiapkan sebelumnya. Karena tak ada dalam fikiran ketiga anaknya lair di mobil Avanza.  Setelah berdiskusi dengan istrinya soal tiga nama tersebut, merekasepakat memberi nama Avanza.

“Saya minta pendapat istri. Istri setuju. Terus saya cari di internet. Ternyata artinya bagus juga. Beratnya ada yang 2,2 kilogram, ada yang 2,4 kilogram. Ini ada kedua, anak pertama perempuan usianya 11 bulan,” tuturnya. (rb/jpg)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #boks #feature 

Berita Terkait

IKLAN