Kamis, 22 November 2018 06:13 WIB
pmk

Nasional

LPDUK Bisa Optimalkan Program Andalan Olahraga Kemenpora

Redaktur: Redjo Prahananda

Kepala Divisi Keuangan dan Umum LPDUK, Pangestu Adi Wibowo. Foto: LPDUK untuk INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) berpotensi besar bisa menyinergikan dan mengoptimalkan berbagai event dan kegiatan olahraga, termasuk program andalan Kemenpora.

Sebagai lembaga baru berstatus Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kemenpora, LPDUK bisa fleksibilitas dalam pengelolaan dana dan manajemen, dipercaya mampu bergerak lebih cepat dan tepat sekaligus efektif dan akuntabel dalam mengelola event olahraga dan menggalang pendanaan.

Sinergi LPDUK dengan Program di Deputi 3 Kemenpora sangat memungkinkan. Sebagai contoh Piala Menpora. Tahun lalu, sekitar 5000 sekolah sepak bola (SSB) dengan peserta mencapai 90ribu atlet dari 386 kabupaten/kota di 34 provinsi.

“Kalau kegiatan ini bisa digarap dengan kehadiran LPDUK dengan menggandeng sponsor, tentu bakal menimbulkan dampak lebih besar ,” ujar Asisten Deputi Olahraga Rekreasi pada Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Teguh Rahardjo di Ternate, Maluku Utara, Minggu (9/9/2018).

mPanitina Haornas 2018 menegaskan, Pemerintah memiliki keterbatasan anggaran. Sehingga peran LPDUK hadir dan bersama-sama menggali sumber pendanaan sah, untuk mengoptimalkan event olahraga di Kemenpora, mendukung pembinaan, membantu atlet, membangun sarana dan prasarana olahraga. Pada posisi tertentu bisa meningkatkan pelayanan terhadap insan-insan olahraga.

“LPDUK hadir untuk membantu pemerintah bekerjasama dengan semua pihak dalam mengembangkan usaha keolahragaan dan menggalang pendanaan olahraga. LPDUK sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan pelaku olahraga, sehingga diharapkan bisa lebih prima dan bersinergi dengan semua pihak, termasuk dengan stakeholder daerah, KONI, KOI, terutama kalangan usaha untuk menjadi sponsor atau memberikan kontrbusi pendanaan olahraga," papar dia menambahkan.

Kepala Divisi Keuangan dan Umum LPDUK, Pangestu Adi menyambut baik dan siap bersinergi dan mengoptimalkan program unggulan keolahragaan di Kemenpora.

Sebab, mengelola event olahraga merupakan salah satu bentuk usaha keolahragaan yang dapat dijalankan oleh LPDUK. Lembaga yang baru sekitar setahun berdiri ini juga akan bersinergi dengan semua stakeholder olahraga, termasuk PB-PB atau organisasi olahraga yang memiliki program atau kalender event yang dapat 'dijual' ke pihak sponsor.

Meskipun baru berdiri setahun, LPDUK telah terlibat dalam pekerjaan besar seperti membantu INASGOC dalam mengelola dana sponsor atau komersil untuk Asian Games 2018 dan sudah berjalan sukses.

“Kami juga bisa menyelesaikan pekerjaan pembangunan lane bowling dan penyempurnaan venue panjat tebing untuk Asian Games 2018, kedua di Jakabaring, dengan dari hibah dari PT Pertamina dan PT Pusri,” jelas Adi.

Dia menegaskan, LPDUK harus bergerak melakukan pengembangan usaha keolahragaan dan melakukan layanan pengelolaan dana olahraga, agar memberikan kontribusi dan layanan lebih banyak di sektor olahraga. (jaa)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #program-andalan-olahraga-kemenpora #lpduk #teguh-rahardjo 

Berita Terkait

IKLAN