Sabtu, 22 September 2018 08:42 WIB
pmk

Nasional

Tidore Saksi Kebangkitan Kaum Lansia Bugar dan Sehat

Redaktur: Redjo Prahananda

Festival Senam Lansia di Tidore, Maluku Utara  merupakan salah satu dari banyaknya rangkaian Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Provinsi Maluku Utara, menjadi saksi kebangkitan kaum lanjut usia (lansia) . Malut menjadi tuan rumah Festival Senam Lansia.

Festival ini menjadi salah satu dari sekian banyak ageda dalan rangkaian Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018.

Deputi III Bidang Pemberdayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta yang mewaliki Menpora Imam Nahrawi secara resmi membuka festival ini.

Kemenpora ingin memberikan apresiasi dan prestasi dalam olahraga. Prestasi ini bukan berarti dalam bentuk medali, namun di sini sudah terbukti sebagai kota kecil terbersih di Indonesia.

“Tentu dengan kondisi seperti ini, masyarakat dapat hidup sehat dan kegiatan ini menjadi bagian dari kampanye kami, dalam konteks pembudayaan olahraga," ujar Raden Isnanta, Minggu (9/9/2018).

Dia mengaku terkejut lantaran lansia hadir di luar perkiraan. Indikator ini menjadi pertanda, harapan hidup di Ternate luar biasa.

Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhamad Senin bangga dengan semangat lansia di Ternate. Ternyata, ini bukan kali pertama Kemenpora menggelar event di Tidore.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora, telah memberikan kesempatan pada kami menyelenggarakan festival ini. Kami berharap negara tidak melupakan Tidore, karena punya andil dalam perjuangan," tutur Muhamad Senin. 

Sementara itu, selain sebagai rangkaian dari Haornas 2018, Kabid Olahraga Usia Dini, Lansia dan LP Kemenpora Agustien Rien Ariyanti menuturkan, kalau kegiatan ini untuk memotivasi kaum lansia untuk mau berolahraga dan tetap bugar.

"Mengenai senam sendiri kami membaginya perorangan dan beregu. Senam perorangan kami melombakan senam tobelo, senam khas dari Tidore. Pada nomor senam beregu, kami melombakan senam kreasi," papar dia menambahkan. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #festival-senam-lansia #maluku-utara #kemenpora #haornas 

Berita Terkait

IKLAN