Selasa, 25 September 2018 02:35 WIB
pmk

Politik

Demokrat : Kami Perlu untuk Pileg 2019

Redaktur: Redjo Prahananda

Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief.

INDOPOS.CO.ID - Wasekjen Partai Demokrat, Andi Arief membantah Partai bermain dua kaki di ajang Pilpres 2019.

Menurut dia, alasan Demokrat mengizinkan para kader mendukung Jokowi - Ma'ruf Amin karena Demokrat memikirkan secara matang suara partai di Pileg 2019.

"Kami perlu untuk pileg, sudah kami bicarakan dengan Prabowo di beberapa daerah. Bukan main di dua kaki tapi memag seperti di daerah seperti NTT, di Bali, Papua memang di sana bukan basis Prabowo," kata Andi di kediaman SBY, Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (9/9/2018).

Dia menegaskan, kader Demokrat boleh disebut sebagai pembangkang apabila tidak mendukung Prabowo-Sandiaga di daerah lumbung suara Prabowo - Sandi. 

Namun apabila kader partai ini mendukung kubu lawan di wilayah bukan menjadi lumbung Suara Prabowo - Sandi, Demokrat pasrah

"Kalau di basis Pak Prabowo kami tidak mendukung dia, baru pengkhianatan. Kami memiliki kebutuhan caleg juga untuk nyaleg jadi fleksibel movement saja ," imbuh dia.

Berdasarkan hitungan politik, lanjut Andi, Prabowo-Sandiaga tak akan mendapatkan suara yang signifikan di Pilpres 2019 mendatang.

Karena itu, wajar saja bila pihaknya mengizinkan Gubernur Papua sekaligus Ketua DPD ,Papua Lukas Enembe mendukung Jokowi.

"Sementara ini, masih Papua, Sulut (Sulawesi Utara) masih imbang. Masih Papua karena kami memiliki kepentingan suara di Papua. Kalau kami paksakan juga Prabowo tidak terlalu besar. Tapi kalau di Jabar (Jawa Barat), kami harus mati-matian," papar Andi.

Partai Demokrat memberikan izin kepada 4 DPD Provinsi untuk mendukung bakal capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin di perhelatan Pilpres 2019 mendatang, antara lain di Provinsi Papua dan Sulawesi Utara bertujuan untuk menjaga suara partai di Pileg 2019. 

"(Dua provinsi lagi) nanti kami akan sampaikan, kami pertimbangkan dispensasi khusus mengingat kader-kader kami di sana juga tidak boleh jadi kesulitan mencari pemilih untuk caleg-caleg kami." kata Kadiv Advokasi Hukum PD, Ferdinand Hutahaen. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #demokrat #andi-arief #pilpres-2019 #demokrat-main-aman 

Berita Terkait

IKLAN