Minggu, 23 September 2018 11:49 WIB
pmk

Headline

MA Tetapkan Hakim Perkara Larangan Mantan Koruptor Nyaleg

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Mahkamah Agung (MA) telah menetapkan majelis hakim yang akan melakukan uji materi Peraturan KPU nomor 20 tahun 2018 tentang pencalegan. Kini, mereka sedang mempelajari materi PKPU yang melarang bekas koruptor nyaleg.

Meski begitu, menurut Juru Bicara MA, Suhadi, pihaknya belum mengetahui secara pasti waktu digelarnya sidang uji materi tersebut.

"Sekarang sudah ditetapkan majelisnya (hakim) tapi kapan sidangnya, ini kita belum tahu," kata Suhadi saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (10/9/2018).

Ia menuturkan, sidang akan digelar tergantung majelis hakim mempelajari perkara PKPU 20/2018. "Jadi sudah ditetapkan majelis, kita tunggu saja," pintanya.

Suhadi menuturkan, persidangan nantinga bakal digelar terbuka untuk umum. MA akan mengumumkannya di website ketika waktu pasti persidangan telah dutetapkan.

Mengenai hasilnya, kata Suhadi, putusan yang akan dilakukan majelis hakim bukan kalah menang. Bisa saja perkaranya diputus untuk ditunda sampai semua putusan yang ada di Mahkamah Konstitusi (MK) itu putus, mengingat MK juga tengah menggelar uji materi UU 7/2017 mengenai Pemilu.

"Kita tunggu saja pendapat majelis hakimnya," pungkasnya.

Sebelumnya, pada pertemuan tripatrid yabg digelar Rabu (5/9/2018) antara DKPP, Bawaslu dan KPU memutuskan untuk mendesak MA segera melakukan persidangan. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #mantan-korupstor-nyaleg #polemik-bekas-koruptor-nyaleg #mahkamah-agung #larangan-mantan-koruptor-nyaleg 

Berita Terkait

IKLAN