Senin, 24 September 2018 09:30 WIB
pmk

Nasional

Harapan KPK Kepada Kepala Daerah Baru Dilantik

Redaktur: Redjo Prahananda

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

INDOPOS.CO.ID - KPK menanti langkah konkret Kepala Daerah baru untuk memecat PNS tersandung perkara korupsi.

Dari data KPK, 2.357 koruptor masih berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Padahal perkara mereka sudah berkekuatan hukum tetap.

“Kami berharap, Kepala Daerah baru ini segera memberhentikan PNS tersebut bila sudah menerima data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Terutama, setelah  kemarin kami mengundang beberapa Gubernur baru dilantik," tegas Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Senin (10/9/2018).

Febri berharap pemecatan pada PNS Korupsi menjadi prioritas pertama. Dia juga berpesan jangan sampai program kerja pencegahan korupsi terhambat.

Sementara itu, sebanyak 317 koruptor  sudah menerima hukuman berupa pemecatan dengan tidak hormat setelah putusan pengadilan mereka berkekuatan hukum tetap.

Temuan ini berawal dari upaya BKN saat melakukan pendataan ulang PNS tahun 2015 untuk mendapatkan data akurat untuk mendukung pengelolaan dan pengembangan sistem informasi kepegawaian.

Dari penelusuran Pendataan Ulang PNS,sekitar 97000 PNS tidak mengisi data, antara lain karena tersandung tindak pidana korupsi. (cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpk 

Berita Terkait

IKLAN