Selasa, 20 November 2018 09:06 WIB
pmk

Ekonomi

Beras Bulog Belum Masuk Cipinang

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Pasar Induk Cipinang Jakarta penuh dengan stok beras. Pasokan beras terus mengalir dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Itu belum termasuk kalkulasi suplai beras dari Perum Badan Logistik (Bulog).

”Pasokan beras lokal masih banyak. Beras Bulog belum masuk,” tutur Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi, di Jakarta belum lama ini.

Arief menyebut saat ini operasi pasar belum diperlukan secara massif. Sebab, panen masih banyak. ”Grafik pasokan dan harga, stok hanya turun 2,4 persen. Namun, masih tinggi dari 2016, masih aman. Batas aman 25-30 ribu ton. Stok 10 ribu ton,” imbuh Arief.

Berdasar data, harga beras IR I setara Rp 11.616 perkilogram (kg), IR II senilai Rp 9427 per kg, beras muncul Rp 12.103 per kg dan Beras sentra I atau premium Rp 12.480 per kg. Saat ini pemerintah dan Bulog lebih siap dibanding tahun lalu. Gabah dihargai lebih baik Rp 5.000-5.500 di Jawa. Padahal, Harga pembelian Pemerintah (HPP) gabah ditetapkan pemerintah Rp 3.700 per kilogram.

Sementara itu, Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh menambahkan pihaknya mengalokasikan 15 ribu ton beras untuk operasi pasar per hari. Namun, untuk Jakarta, masih kecil. Operasi pasar saat ini masih 1-5 ton di pasar-pasar tradisional Jakarta. ”Kami sudah koordinasi dengan Food Station kapan akan aksi operasi pasar. Kami tidak hanya di Pasar Cipinang, tetapi juga ke pasar-pasar lainnya. Kami pantau di 82 kota. Seluruh jajaran bulog sudah masif. Sampai Puncak Jaya dan Wamena,” tukas Tri.

Tri menambahkan, Bulog sudah menggelontorkan 342 ribu ton beras tahun ini. Itu dilakukan sebagai antisipasi. Pasar-pasar tradisional sudah dipasok. Untuk Pasar Cipinang, pasokan masih 5.000 ton lebih. Saat ini, stok beras Bulog 2,2 juta ton. Sampai akhir tahun ini masuk 2,6 juta ton beras. ”Itu sudah menyebar di gudang-gudang Bulog seluruh Indonesia,” tegas Tri. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #beras-bulog 

Berita Terkait

Stok Berlimpah, Beras Bulog Belum Masuk Pasar Cipinang

Jakarta Raya

IKLAN