Selasa, 20 November 2018 05:40 WIB
pmk

Wanita

Ini Empat Tips Buat Emak-emak Supaya Sukses Jualan Online

Redaktur: Ali Rahman

Paparan hasil riset Tetra Pak Index 2018 baru-baru ini. Foto: Tetra Pak

INDOPOS.CO.ID - Ibu rumah tangga kini bisa menghasilkan uang untuk membantu suami. Tren gaya hidup serba digital membuat para ibu dengan mudah membuka toko online hanya lewat aplikasi.

Dalam riset Tetra Pak Index (TPI) 2018 baru-baru ini, dipaparkan tren belanja Konsumen di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa teknologi telah menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari, termasuk mempengaruhi pengalaman berbelanja seseorang.

Konsumen kini kian beralih dari aktivitas belanja konvensional dengan cara mendatangi toko secara fisik, kini berbelanja secara online atau digital. Kini, konsumen dapat membeli apa pun, kapan pun, dan dimanapun langsung dari genggaman ponselnya masing-masing, tanpa harus meninggalkan rumah.

Salah satu aktivitas belanja online yaitu belanja makanan dan minuman secara online (e-grocery), kini dipandang sebagai katalis untuk transformasi e-commerce yang lebih luas. Cara belanja e-grocery pun kian digemari di seluruh dunia sesuai dengan hasil riset Tetra Pak Index 2018.  Maka kini banyak ibu-ibu atau akrab disapa emak-emak saat ini memilih usaha kuliner.

"Sebanyak 1,2 persen konsumen di Jakarta telah berbelanja pangan secara online pada tahun 2016, dan angka ini diharapkan terus tumbuh hingga 5,4 persen pada tahun 2030. Sementara itu kegiatan belanja di pasar tradisional mungkin akan menurun pada tahun 2030 menjadi 46,6 persen dari sebelumnya di angka 56,3 persen pada tahun 2016," papar Communications Manager Tetra Pak Indonesia Gabrielle Angriani dalam keterangan tertulisnya kepada JPC, Selasa (11/9).

Tak hanya sekadar berbelanja, emak-emak juga bisa membangun usaha. Sehingga emak-emak bisa tetap mendapatkan keuntungan meski sambil mengurus anak dan rumah tangga. Berikut ini 4 tips ala Tetra Pak Indonesia untuk kaum emak-emak yang ingin sukses berjualan secara online.

1. Kemasan

Kemudahan, penentu utama dalam aktivitas belanja online akibat meningkatnya permintaan konsumen akan produk yang mudah dan nyaman di dapat. Utamanya, kemasan yang praktis dan menarik itu penting.

2. Kecepatan

Konsumen tentu menunggu pesanannya segera sampai di tangan. Teknologi dan kinerja yang terus mengubah rantai pasokan (supply chain), terutama dalam hal kecepatan pengiriman barang juga menjadi kunci.

3. Daya Tahan

Karena banyak emak-emak menggeluti bisnis kuliner, maka daya tahan atau masa kadaluarsa produk penting untuk diutamakan. Jangan sampai ketika tiba di tangan konsumen sudah tidak baik kualitasnya.

4. Personal dan Unik

Emak-emak harus berupaya menghadirkan produk yang dapat dipersonalisasi bagi pembeli sebagai pembeda dari produk lainnya di pasaran, serta untuk meningkatkan loyalitas dan penjualan. Riset membuktikan efisiensi kemasan dan keunikan menjadi persyaratan penting dalam kegiatan belanja online. Harus ada jaminan produk berkualitas serta mengemasnya dengan aman sebelum menyampaikannya ke tangan kurir. (ika/jpc/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bisnis-online 

Berita Terkait

Tahun Ini, Bisnis Online jadi Primadona Investor

Indobisnis

Dukung Produk UKM, Shopee Luncurkan Kreasi Nusantara

Indobisnis

IKLAN