Rabu, 19 September 2018 04:37 WIB
pmk

Indotainment

Kado Film Pendek Terbaik di Venesia

Redaktur:

PRESTASI - Aditya Ahmad (dua dari kanan) bersama Mira dan Riri menerima penghargaan di VIFF. Foto. MILES FILMS FOR INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Indonesia tidak kekurangan bakat di bidang perfilman. Sabtu malam (8/9), film pendek karya sutradara Aditya Ahmad, Kado, berjaya di Venice International Film Festival (VIFF) 2018. Film dengan judul bahasa Inggris A Gift itu meraih penghargaan sebagai film pendek terbaik di kompetisi Orizzonti. Kado berhasil menyisihkan 13 film pendek dari berbagai negara.

Dalam film berdurasi 15 menit tersebut, Adit mengangkat kisah persahabatan Isfi (Isfira Febiana) dan Nita (Anita Aksari). Isfi ingin memberikan kejutan spesial di hari ulang tahun Nita. Dia ingin melakukannya di dalam kamar Nita. Namun, untuk itu, Isfi harus mengenakan hijab. Penampilannya yang tomboi membuat keluarga Nita sulit mengizinkannya masuk ke rumah.

Menurut Adit, Kado mengangkat tema identitas diri. ’’Bagaimana manusia memaknai eksistensi mereka dalam hidup,” ujar Adit saat dihubungi pada Minggu siang (9/9). Dia juga ingin menunjukkan bahwa manusia bisa menjadi kado atau hadiah bagi sesamanya.

Inspirasi itu datang dari pengalaman pribadi Adit dan Isfi. Keduanya sedang berada dalam fase krisis identitas menjelang sang sutradara mencari ide film.

Keikutsertaan Adit dalam VIFF tak terlepas dari campur tangan Mira Lesmana, produser film. Menurut Mira, sutradara 29 tahun itu punya bakat menjanjikan. Apalagi, Adit berpengalaman menjadi asisten sutradara Riri Riza dalam film Athirah dan Ada Apa dengan Cinta? 2 pada 2016. ’’Saya minta dia bikin karya lagi,” ujar Mira.

Adit pun mulai membuat film. Idenya muncul tahun lalu dan dieksekusi awal tahun ini. Seluruh proses syuting dilakukan di Makassar dengan talent lokal. Setelah didaftarkan Mira pada Juli, sebulan kemudian Kado lolos seleksi.

Saat pemutaran film, Adit dan Mira sama sekali tidak diberi tahu hasil akhir kompetisi. Namun, Adit sempat mendapat brifing dari panitia. Dia diminta bersiap jika namanya dipanggil. ’’Saya pikir, semua peserta kompetisi juga mendapat brifing,” ujarnya.

Rupanya, hanya nama Adit yang dipanggil. Kado berhasil memenangi kompetisi film pendek. ’’Kaget, nggak percaya, sekaligus senang. Masak sih bisa menang di antara karya-karya bagus lainnya,” kata Adit antusias. Bahkan, aktris Naomi Watts yang hadir malam itu mengucapkan selamat secara langsung.

Sebelumnya, pada 2014, Adit sempat membuat film pendek. Judulnya Sepatu Baru, yang dibuat untuk syarat kelulusan dari Institut Kesenian Makassar. Ternyata, film itu berhasil mendapat respons positif. Yakni, Special Mention kategori Generation Kplus dalam ajang Berlinale, festival film internasional di Berlin.

Berkat kemenangannya, Adit semakin termotivasi untuk berkarya. Jika ada kesempatan, bukan tidak mungkin dia akan membuat Kado ke versi film panjang. ’’Saya juga punya rencana untuk membuat sebuah film panjang lain,” ujar pria yang berprofesi sebagai freelance director di Miles Films itu. (len/c7/jan/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #film #penghargaan 

Berita Terkait

Joker tanpa Riasan Badut

Indotainment

Mengintip Proses Syuting Bumi Manusia

Indotainment

IKLAN