Rabu, 21 November 2018 09:11 WIB
pmk

Nasional

Sesmenpora Pastikan Kasus Roy Suryo Tanpa Muatan Politis

Redaktur: Redjo Prahananda

Sesmenpora Gatot S Dewabroto usai mediasi dengan pihak Roy Suryo di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (12/9/2018). Foto: Dhika Noor Alam/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Pemuda dan Olahraga memastikan kisruh dengan mantan Menpora Roy Suryo murni masalah profesionalisme, tanpa muatan politis.

Melalui Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewabroto melakukan mediasi soal masalah aset negara dengan Kuasa Hukum Roy Suryo, Tigor Simatupang dan Hifni Hasan di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Dalam mediasi ini, sebanyak 15 pejabat dan staf ketika Roy Suryo sewaktu masih menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga turut turut memberikan keterangan.

"Pertemuan ini sebagai bentuk permintaan mediasi yang sudah dilayangkan Senin (10/9/2018), sekarang sudah terjadi. Cuma entry point masalah aset  menurut bahasa BPK masih di bawah ranah Roy Suryo," ujar Gatot di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Gatot memastikan, kasus ini tanpa muatan politik. Dia menepis anggapan, Kemenpora sengaja mengapungkan masalah ini demi mencapai tujuan tertentu, mengingat Roy petinggi Demokrat.

"Tanpa unsur politis. Tidak ada masalah politik. Kami tidak ingin menciderai di tahun politik ini.  Kami menghormati pak Roy Suryo  karena  mengembalikan aset-aset itu. Sebagian aset ini sudah berada di kantor kami di Cibubur," ungkap Gatot.

Mengenai perkara aset, Gatot menolak berkomentar lebih jauh. Dia menghormati Roy Suryo dan kuasa hukum agar komunikasi tetap lancar. Menurut Gatot, tim BPK melakukan aset manajemen di Kemenpora.

"Kami bakal  tetap objektif. Pihak melakukan asasmen barang bukan kami, tapi BPK. Kami ingin kasus ini cepat selesai," jelas Gatot.

Kemenpora telah melayangkan surat pada Roy Suryo sebanyak tiga kali di tahun 2014 - 2016, karena pakar telematika ini belum mengembalikan sejumlah aset milik negara.

Kemenpora lalu mengirimkan surat ketiga kepada Roy pada Mei 2018. Sejauh ini, Gatot menjelaskan, Roy  sudah mengembalikan barang dalam 3 tahap dengan nilai total sebesar  Rp500 juta

"Berarti itu mengingatkan karena dari inspektorat sudah mencurigai , sejumlah barang - barang belum kembali ke Kemenpora," papar Gatot. (cr-2)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kemenpora 

Berita Terkait

Grand Final Pemuda Inspiratif

Total Sport

Menpora Guyur Bonus Eko Yuli Rp 200 Juta

Total Sport

IKLAN