Sabtu, 22 September 2018 02:53 WIB
pmk

Politik

KPU Cermati 21 Tersangka Korupsi Malang Maju Caleg Lagi

Redaktur: Redjo Prahananda

Ketua KPU Arief Budiman. Foto : Dok INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - KPU RI tengah mencermati 21 orang anggota DPRD Malang kembali maju sebagai bakal calon legislatif. Padahal status mereka merupakan tersangka korupsi kasus suap pembahasan APBD-P 2015.

"Kabar 21 orang. Tapi kami juga perlu cek mereka mencalonkan di mana. Apakah DPRD kota, provinsi, atau DPR RI," kata Ketua KPU Arief Budiman di Kantor Bawaslu Thamrin Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Beberapa orang dari ke-21 tersangka tersebut namanya telah tercantum dalam Daftar Caleg Sementara (DCS). Akan tetapi partai politik sekarang ini tidak bisa mengganti mereka lantaran tahapan masa perbaikan bacaleg sudah lewat. Plus aturan larangan napi koruptor nyaleg.

"Sebenarnya bila TMS bisa diganti karena status mantan eks-Koruptor itu. Tapi masa itu sudah terlampaui. Karena dia harus diganti sebelum penetapan DCS.”

Arief menegaskan, Bawaslu masih mempelajari dengan kondisi sekarang ini parpol masih bisa menarik 21 orang tersebut atau tidak. “Nanti kami lihat mereka bersedia menarik atau enggak. Kalau bersedia menarik, kami cek apakah memungkinkan (bisa) atau enggak.”

Dia menambahkan, agar mereka bisa ditarik, pihaknya akan mengeleuarkan surat edaran supaya prosesnya bisa cepat.
“Regulasi tidak berubah. Tapi kami nanti tetap cek dulu aturannya (PKPU 20/2018)," pungkasnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpu #arief-budiman #tersangka-korupsi-malang-maju-caleg-lagi #koruptor-nyaleg 

Berita Terkait

IKLAN