Kamis, 15 November 2018 10:04 WIB
pmk

Banten Raya

Jangan Tafsirkan Terlalu Jauh Temuan e-KTP di Serang

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemendagri, Zudan A.F meminta kepada smua pihak, agar penemuan ribuan kepingan KTP elektronik di Kampung Tari Kolot RT 03/02,Desa/Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, tidak perlu ditafsirkan terlalu jauh.

Karena KTP tersebut sudah tidak berlaku. “Penemuan ribuan KTP elektronik sudah kadaluarsa di Serang jangan ditafsirkan telalu jauh,karena barang barang tersebut ini sudah diamankan di kantor Disdukcapil Kabupaten Serang,” terang Zudan kepada INDOPOS,Rabu (12/9)

Menurut Zudan,dari angka 2.910 keping KTP, sebanyak 513 KTP manual (KTP lama bukan KTP-el), dan 111 KTP-el rusak secara fisik. Kemudian 2.286 adalah e-KTP invalid karena sudah tidak berlaku karena perubahan elemen data, seperti pindah alamat dan mengubah status.

Dia memaparkan, dari informasi awal diketahui, bahwa ruang tempat penyimpanan arsip di kantirKecamatan memang saat itu akan dipakai untuk Panitia Pemilihan Kecamatan melakukan proses Pilkada serentak tahun 2018, sehingga arsip-arsip keluar, termasuk blanko rusak.

“Namun pertanyaan sekarang siapa “membuang” arsip blanko, ini masih kami dalami. Namun saya percaya, hanya kelalaian seseorang tidak mengerti dan tidak mengetahui arsip penting. Kemendagri sungguh sungguh mendalami kasus ini dan memberikan pembinaan secara proporsional bagi pihak bersalah,” tegasnya.

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 471.13/9730/Dukcapil tanggal 31 Mei 2018, tentang Penatausahaan KTP-el Rusak atau Invalid, barang-barang tersebut kini sudah berada di Dinas Dukcapil Kabupaten Serang (dicatat dan digunting bagian ujung kanan atas pada setiap keping KTP dan KTP-el rusak atau invalid) ke Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, dengan menyebutkan jumlah dan penyebab kerusakan atau invalid dalam Berita Acara Serah Terima setiap tanggal 5. Masimg-masing dukcapil wajib melaporkan ketersediaan blanko

“ KTP el tersebut Setelah di cek secara sistem, sudah tidak berlaku lagi karena pemiliknya sudah memiliki ktp el baru,” tegasnya.

Terpisah, Bupati Serang Hj Ratu Tatu Chasanah, mengaku geram atas kecerobohan oknum staf kantor Kecamatan Cikande membuang ribuan keping KTP sudah tidak berlaku tersebut ke sembarang tempat

”Karena kejadian ini, jelas saya sangat kecewa atas kecerobohan oknum staf kecamatan membuang KTP rusak tersebut ke sembarangan tempat,”ujar Tatu.(yas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #e-ktp #temuan-e-ktp-di-serang #penemuan-ribuan-ktp-elektronik-sudah-kadaluarsa 

Berita Terkait

Disdukcapil Siap Jemput Bola Warga Badui

Banten Raya

Perekaman E-KTP Banten Sudah 99 Persen

Banten Raya

Ratusan Ribu Warga Belum Perekaman e-KTP

Banten Raya

Ini Aliran Uang e-KTP yang Jadi Bancakan

Hukum

Kemendagri Blokir 6 Juta Penduduk Belum Rekam e-KTP

Headline

IKLAN