Headline

Dakwah di Kelab Malam, Ketua PBNU: Gus Miftah I Love You

Redaktur:
Dakwah di Kelab Malam, Ketua PBNU: Gus Miftah I Love You - Headline

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas.

INDOPOS.CO.ID - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas mengapresiasi adanya kegiatan dakwah yang dilakukan oleh seorang ulama bernama Gus Miftah di depan puluhan wanita seksi di salah satu kelab malam di Bali.

Menurutnya, dakwah bisa dilakukan di mana saja meski harus di depan kelompok masyarakat yang bekerja di hiburan malam atau lokasi maksiat lainnya.

"Aktivitas dakwah juga perlu memperhatikan kaedah dan etika dakwah. Yakni dilakukan dengan lemah lembut dan bijaksana dengan mempertimbangkan kondisi sosial dan budaya masyarakat setempat, termasuk dakwah di komunitas kegelapan," kata Robikin kepada INDOPOS di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Kalau di komunitas "kegelapan tidak boleh diperkenalkan nama Tuhan, kata Robikin, basis moral apa yang membenarkan pengabaian tindakan itu. "Bukankah dakwah adalah mengajak masyarakat bergerak mina al-dlulumati ila an-nur, dari kegelapan menuju pancaran sinar Tuhan?" ujarnya.

Ia menjelaskan, dakwah merupakan suatu aktivitas untuk mengajak manusia agar mengenal Tuhan, sehingga dapat membangun hubungan vertikal dengan benar dan baik.

"Dari hubungan vertikal yang benar dan baik itu manusia diharapkan mampu membangun hubungan yang harmonis dengan sesama manusia. Bahkan memiliki kesanggupan untuk mengamban amanah sebagai khalifah Tuhan di muka bumi," terangnya.

Dengan semua itu, kata Robikin, kehidupan diharapkan akan berjalan harmoni dan beradab. Itu berarti, lanjutnya, jika manusia tidak mampu membangun hubungan yang harmonis dengan sesamanya, maka layak sekiranya ada yang mempertanyakan relasi ketuhannya. Apalagi hubungan yang tidak harmonis itu didasarkan alasan SARA.

"Dan sebagai penutup saya hanya bisa ucapkan, Gus Miftah, I Love You," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, dunia maya dihebohkan dengan viralnya video seorang ulama bernama Gus Miftah yang mengajak para wanita seksi pengunjung tempat hiburan malam untuk bershalawat. Para wanita pun mengikuti lantunan shalawat yang diucapkan Gus Miftah. Pro dan kontra pun bermunculan di masyarakat atas aktivitas dakwah yang dilakukan ulama berambut gondrong itu. (dil)

Berita Terkait


Baca Juga !.