Nasional

Kemendagri Rekomendasikan Suket bagi Pemilih Belum Punya E-KTP

Redaktur:
Kemendagri Rekomendasikan Suket bagi Pemilih Belum Punya E-KTP - Nasional

Ilustrasi.

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merekomendasikan kepada KPU untuk memberi Surat Keterangan (Suket) bagi pemilih pemula yang belum mempunyai KTP Elektronik (e-ktp).

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh menyebut masih ada sekitar 5.035.887 penduduk yang akan berusia 17 tahun dari tanggal 1 Januari 2019 hingga 17 April 2019.

Sementara KPU sendiri telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 5 September 2018 meski masih akan ada perbaikan sampai 2 bulan kedepan.

"Rekomendasi ini bisa dijadikan syarat untuk dapat diatur lebih lanjut oleh KPU ke dalam PKPU," ujar Zudan di Kantornya Jl. Medan Merdeka Utara Jakarta, Senin (17/9/2018).

Ia menjelaskan, bagi para pemilih pemula diatas cukup datang ke Dukcapil sesuai tempat tinggalnya untuk bisa memperoleh suket yang kemudian datanya akan dicantumkan dalam data base kependudukan. Hal ini penting untuk menjaga hak konstitusional pemilih pemula atau namanya tidak hilang dari DPT.

"Yang bersangkutan (namanya) cukup dituangkan dalam surat keterangan bahwa dia ada datanya dalam data base. misalnya ada dalam data basenya DKI, Banten, atau yang lain," katanya.

Akan tetapi bagi sekitar 6 juta penduduk dewasa yang belum merekam e-ktp, kata Zudan, mereka tak bisa memilih dengan suket. Dalam Undang-Undang diwajibkan memilih dengan menggunakan e-ktp.

Ia berharap mereka alan pro-aktif merekam e-ktp paling tidak hingga 31 Desember 2018. Bila tidak Kemendagri akan memblokir data kependudukan mereka.

"Jadi hingga 31/8/2018 waktu yang cukup panjang, kalau yang 6 juta penduduk dewasa ini mau proaktif. Kita tetap berharap masyarakat proaktif untuk melakukan perekaman," pungkasnya. (jaa)

Berita Terkait

Headline / Pengunjung Pasar Tanah Abang Tambah Ramai

Megapolitan / MK Putuskan Gugatan Prabowo Maksimal 14 Hari

Megapolitan / Delapan Kompi TNI/Polri Amankan Mahkamah Konstitusi

Politik / Penetapan Caleg Daerah Tunggu Juknis KPU-RI

Headline / Kawasan Thamrin Kembali Normal


Baca Juga !.