Senin, 10 Desember 2018 06:51 WIB

makanmakan

Sapo Tahu dengan Sajian Bayam

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Makanan Cina tidak hanya diolah dengan cara ditumis, dipanggang, maupun digoreng. Adapun sajian berkuah, yaitu Sapo Tahu. Sapo tahu adalah salah satu jenis masakan yang berasal dari Tiongkok. Sapo tahu ini awalnya dikenal sebagai masakan bagi para vegetarian karena bahan-bahannya tidak menggunakan daging atau ikan, melainkan hanya sayur dan rempah-rempah. Namun, perkembangan selanjutnya, ada perubahan pada masakan sapo tahu dengan masuknya bahan-bahan seperti udang, ikan, dan daging. Dalam acara-acara pesta, sapo tahu tergolong sebagai hidangan pembuka.

Nama sapo berasal dari penggunaan panci sapo atau claypot yang digunakan untuk memasak hidangan ini. Claypot berbeda dengan mangkok lainnya karena terbuat dari bahan keramik. Keunggulannya dapat menyimpan panas lebih lama dibanding panci biasa sehingga hidangan bisa tetap hangat hingga tetes terakhir. Sapo memiliki banyak jenisnya seperti sapo tahu, sapo seafood, sapo ayam, dan lain-lain. Sapo biasanya langsung dimasak dalam claypot dengan menggunakan egg tofu alias tahu tiongkok yang bertekstur halus dan lembut. Agar tofu tak hancur harus digoreng terlebih dahulu.

Pearl Chinese Restaurant, menyajikan sapo tahu dengan berbagai macam isi. Di dalamnya terdapat seafood dan aneka sayuran, ditambah dengan potongan jamur. Ada yang berbeda dari tahunya, karena ia memiliki dua lapisan. Di  atas tahu ada sayur bayamnya. "Jadi, sayur bayam dimasak, kemudian ditata di atas tahunya," ucap Hartanto, Koki Pearl Chinese Restaurant.

Untuk membuat tahu itu, tentu membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Tentu Chef tidak bisa membeberkan cara pengolahannya. Tetapi sajian ini benar-benar sangat komplit. Beberapa bahan yang diperlukan dalam pembuatan sapo tahu antara lain tahu, jamur , wortel, sawi putih, daun bawang, seledri, bawang bombay, bawang putih, dan tepung maizena.

INDOPOS sempat mencobanya, rasa kuah pada menu ini sangat gurih, manis, dan bertekstur kental. Tiap isi yang digunakan begitu serasi, mulai dari seafood, sayur, jamur hingga kuahnya. Ditambah tahu uniknya. 

Bagi Anda yang ingin berdiet, menu  ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Karena memiliki porsi  yang pas dan isi yang  tidak terlalu banyak. Tentu Anda ingin mencoba bukan. (cr3)


TOPIK BERITA TERKAIT: #sapo-tahu-dengan-sajian-bayam 

Berita Terkait

IKLAN