Selasa, 11 Desember 2018 04:16 WIB

Nasional

TGB : Divestasi Saham Newmont Untungkan Pemda

Redaktur:

Jumpa pers Mantan Gubernur NTB Zainul Majdi beserta kuasa hukumnya. Foto : Jaa Rizka Pradana / INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Eks Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi menegaskan dirinya tak melakukan divestasi saham Newmont secara individu melainkan kolektif kolegial bersama Pemda Sumbawa dan Sumbawa Barat. Divestasi ini juga tidaklah merugikan pemerintah daerah, justru ia mengklaim memberi keuntungan hingga 127 USD.

Menurut politikus yang karib disapa Tuan Guru Bajang (TGB) ini, saham Pemprov NTB hanya 40 persen, Kabupaten Sumbawa Barat 40 persen dan Kabupaten Sumbawa 20 persen. Sehingga bila dua Pemda ini tidak mau melakukan divestasi maka gubernur tak bisa apa-apa.

"Lalu pemanfaatan yang diperoleh oleh daerah secara total sampai selesai 127 juta USD. Kalau kita kurs kan sekrang Rp 14.501 per 1 USD yaitu Rp 1,8 Triliun bagaimana bisa disebut sebagai kerugian," beber TGB di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Mantan kader Partai Demokrat itu menegaskan bahwa yang namanya divestasi itu bukan memberi saham melainkan penawaran saham untuk dibeli. Lalu sesuai kontrak karya awalnya divestasi ditawarkan ke pemerintah pusat, akan tetapi mereka menolak karena APBN tak mengijinkannya untuk membeli ini.

"Mekasnime di kontrak karya begitu pemerintah pusat menolak maka ditawarkan ke pemda. Nilai saham yang ditawarkan 860 juta dolar pada saat APBD kita Rp 1,9 Trilliun kalau tidak salah," jelasnya.

Kemudian Pemprov NTB bersama pemda Sumbawa dan Sumbawa Barat menggandeng pihak swasta yang bisa memberi bagian terbesae untuk pemda.

"Jadi sepenuhnya dana pembelian dari mereka lalu dihibahkanlah saham senilai 20 persen dari perusahaan patungan kepada daerah. Jadi itu konstruksi arti divestasi bukan dikasih saham, tapi ditawarkan untuk membeli," tuntasnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tgb #kasus-divestasi-saham-newmount #divestasi-saham-newmount-untungkan-pemda 

Berita Terkait

IKLAN