Total Sport

Meriah, Pawai Obor Asian Para Games di Pontianak

Redaktur:
Meriah, Pawai Obor Asian Para Games di Pontianak - Total Sport

Ketua Umum Inapgoc Raja Sapta Oktohari menyaksikan Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji menyerahkan obor kepada Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang. Foto: Inapgoc untuk INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Penyambutan pawai Obor Api Asian Para Games III di Pontianak berlangsung penuh antusiasme. Sebanyak 20.000 masyarakat dan pelajar memadati sepanjang jalan yang dilalui Obor Api Asian Para Games yang mengambil start dari rumah jabatan (rumjab) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) dan berakhir di di Alun-alun Kapuas, Pontianak, Kalbar, Rabu, 19 September 2018.

Pawai Obor Asian Para Games 2018 kali ini dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang dan tokoh perempuan Yenny Wahid yang merupakan putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid.

Prosesi penyerahan obor yang disaksikan sekitar 500 orang dimulai dengan penampilan tarian tradisional Corak Insang. Kemudian Ketua Umum Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari menyerahkan obor kepada Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji.

Dari Gubernur H Sutarmidji, api obor diestafetkan kepada pembawa obor 1 yakni Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang, lalu diteruskan kepada Wakil Jaksa Agung RI sekaligus sebagai CdM (Chef de Mission) Kontingen Indonesia dalam Asian Para Games 2018 Dr. Arminsyah., SH., M.Si.

Di pos ketiga yang berada di rumjab Gubernur, Aminsyah menyerahkan pada pembawa obor 3 yakni Wahdina, peraih emas ASEAN Para Games 2005/09/11 dan 13 cabor renang. Setelah itu obor dibawa berjalan menuju check point dan menaiki kendaraan pawai diarak keliling kota sejauh 3,7 km.

Okto, panggilan akrab Raja Sapta Oktohari dalam sambutannya mengatakan, pawai obor Asian Para Games ini merupakan kegiatan pertama dilakukan di Indonesia. Dan, Asian Para Games ini juga merupakan kegiatan olahraga disabilitas terbesar kedua di dunia setelah Paralympic Games.

"Pawai Obor Asian Games yang diadakan di Bumi Khatulistiwa merupakan kegiatan istimewa. Sebab, kita bukan hanya sekadar mengantarkan obor tetapi sedang menjadi saksi, sebagai bagian dan pelaku sejarah dalam kegiatan olahraga terbesar kedua dunia," kata Okto dalam keterangannya, Kamis (20/9/2018).

"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan Pemprov Kalbar dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan pawai obor. Inapgoc bangga dengan Bumi Khatulistiwa," tambahnya. (bam)

 

Berita Terkait

Jakarta Raya / Jakarta Dinilai Berhasil Gelar APG

Total Sport / M Fadli Sumbang Korban Gempa di Palu

Headline / Isak Tangis Warnai Pelepasan Kontingen


Baca Juga !.