Nasional

Cegah Melemah, Transaksi Pakai Rupiah

Redaktur:
Cegah Melemah, Transaksi Pakai Rupiah - Nasional

INDOPOS.CO.ID - Sejumlah cara sudah dan akan terus dilakukan pemerintah bersama Bank Indonesia, untuk memperkuat rupiah. Yang terbaru pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengimbau setiap transaksi pembayaran di dalam negeri menggunakan mata uang Garuda. Hal itu untuk mengurangi tekanan terhadap rupiah, karena permintaan dollar.

"Beberapa perusahaan kita bahkan sudah melakukan persuasi agar mereka transaksinya di dalam bentuk dolar bisa di konversi ke rupiah. Sehingga tidak menimbulkan juga permintaan dollar yang tidak perlu," ujar Sri Mulyani usai menghadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah, di kantornya Kamis (20/9/2018).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mencontohkan, seperti beberapa perusahaan pertambangan, yang beberapa kontraktornya ternyata dibayar pakai dollar. Tentunya masih ada sektor jasa lainnya yang juga masih melakukan hal itu.

"Jadi kita akan terus melakukan upaya sehingga cadangan devisa dan penerimaan devisa kita betul-betul bisa memperkuat kondisi di dalam negeri," pungkasnya. (dai)

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / Rupiah Melemah Usai Terpilihnya Perdana Menteri Inggris

Ekonomi / Rupiah Ditutup Menguat, Dekati Angka Rp14.000

Headline / Rupiah Menguat Terbatas, Rp 13.918 per USD

Headline / Rupiah dan Indeks Saham Melemah Bersamaan


Baca Juga !.