Jumat, 19 Oktober 2018 03:37 WIB
pmk

makanmakan

Ayam Lembut Khas Peranakan

Redaktur:

Foto : Zulhaidah Bahar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Wee Nam Kee Chicken Rice, termasuk restoran yang sudah memiliki reputasi di Singapure sebagai salah satu penyaji menu makanan hainan terbaik.  Restoran yang menyajikan menu Hainan berkualitas dan bercita rasa istimewa ini telah memiliki delapan cabang yang tersebar di Asia, tepatnya di Singapure, Filipina, Jepang dan Indonesai. Kini Wee Nam Kee sudah memiliki tiga cabang di Indonesia, tepatnya  di The Breeze BSD, Grand Indonesia, dan Mall Kota Kasablanka.

Kali ini, tim INDOPOS bekesempatan mengujungi restoran yang berada di Grand Indonesia, letaknya ada di East Mall lev 3A, tidak begitu susah untuk mencarinya. Karena ia memiliki lokasi yang cukup strategis.

Ketika mendatangi gerai Wee Nam Kee di Grand Indonesia, terlihat suasana nyaman untuk bersantap. Penerangan yang agak redup dengan sentuhan dekorasi China terasa saat berada di sini. Untuk makanannya, Wee Nam Kee menawarkan berbagai menu bergaya China dan peranakan. Ada olahan ayam, tahu, sayuran dan lainnya.

Masyarakat Indonesia tentunnya sudah tidak asing dengan restoran yang dikenal dengan nasi ayam Hainan, yang banyak disajikan di berbagai rumah makan dan restoran di seantero Nusantara. Oleh karena itu tak  heran apabila menyebut Hainan Chicken Rice, maka banyak orang akan teringat akan Singapure.

Dengan salah satu menu andalanya adalah Half Chicken yang terdiri dari potongan ayam goreng dan rebus berkuah, disajikan bersama daun ketumbar, didampingi semangkuk nasi dan sup nya.

Dede Mulyana, selaku koki Wee Nam Kee menuturkan, jika menu ini bisa dipesan dengan berbeda, "Ada yang goreng, ada yang rebus juga. Tergantung maunya tamu, bisa mix juga," tuturnya.

Ia menuturkan jika proses pengolahan membutuhkan waktu yang lama, dengan teknik yang berbeda. "Jadi kami gunakan ayam boiler. Nah, ayamnya dimandikan dengan bumbu. Lalu digantung dimana dibawahnya terdapat api, digantung hingga tingkat kematangn 30%. Nanti ayam ini sudah bisa disajikan tergantung pesanan," tambahnya.

Untuk membuat Half Chicken, kami minta untuk di mix. Jadi ada yang digoreng dan direbus juga. Ketika pramusaji membawa makanan, ukurannya cukup besar. Kenapa? karena menu ini bisa dikonsumsi  tiga sampai  lima orang.

Kami pun mencoba beberapa potong dari ayam  ini. Ada rasa dan tekstur yang berbeda  dihasilkan dari sajian ini. Ayam goreng yang begitu krispy dan lembut, serta ayam rebus yang gurih.

Dede pun menjelaskan proses pengolahan Half Chicken ini ada yang digoreng dan direbus. "Jadi, ayam  yang sudah digantung tadi, yang digoreng diberi bumbu lagi. Untuk penggorengan dibumbu dulu, baru digoreng.  Dan yang direbus pun juga sama, jadi dikuahnya ada terdapat bumbu,"jelasnya.

Untuk kuahnya, Dede membuat dengan beberapa bahan dan rempah-rempah. Dia menggunakan kecap asin  dan bumbu lainya. Tentu chef tidak ingin menuturkan.Tapi ketika dicoba, kuahnya ini begitu sangat segar, sedikit manis, tapi tidak manis.

Oh iya, jangan heran ketika memakan ini, rasa dimulut akan terasa  dingin. Karena sajian menu ini, memang dibuat untuk mengikuti suhu ruang. Berarti terasa dingin semua dong makanan di  dalam perut? Tentu tidak, karena nasi dan sop nya tersaji dengan suhu panas.

Nasinya pun juga bukan nasi biasa. Tapi yang dimasakan dengan air dari kaldu ayam, "Jadi, tulang ayam direbus. Nanti airnya jadi  stock kaldu ayam. Buat nasi, jadi air dimasak dengan rempah hingga mendidih. Lanjut beras dimasukkan," ucap Dede kepada INDOPOS.

Penggunaan beras, mereka menggunakan beras Thailand, yang memiliki ukuran besar-besar. Ketika dimasak, nasinya tidak hancur dan tidak menggumpal. Jadi, ukuran dan tekstur pada beras sangat bagus digunakan.

Dede menjelaskan proses penyajiannya, dari mulai penggorengan hingga penataan. "Jadi setelah digoreng, lalu ditata di atas piring. Setelah itu di siram dengan soya kuahnya. Kemudian diberi daun ketumbar diatasnya, lalu didampingin nasi dan kuah," jelasnya.

Dengan harga Rp 118 ribu, Anda beserta kawan-kawan,  bisa merasakan sensasi berbeda pada menu ini. (cr3)


TOPIK BERITA TERKAIT: #wee-nam-kee-chicken-rice #ayam-lembut-khas-peranakan 

Berita Terkait

IKLAN