Politik

Ini Komitmen Jokowi dan Prabowo untuk Wujudkan Pemilu Damai

Redaktur: Ali Rahman
Ini Komitmen Jokowi dan Prabowo untuk Wujudkan Pemilu Damai - Politik

Calon Presiden Prabowo Subianto menyapa hangat Calon Presiden Joko Widodo disaksikan Cawapres Sandiaga Uno pada acara rapat pleno pengundian nomor urut di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018) malam. Foto: Toni Suhartono/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kedua pasangan capres - cawapres sepakat untuk berkontestasi dalam Pemilihan Umum tahun 2019 secara sejuk dan damai. Baik, Joko Widodo maupun Prabowo Subianto mengucapkan komitmen itu dihadapan peserta rapat pleno yang digelar KPU malam ini.

Calon Presiden Joko Widodo terlebih dahulu berucap komitmen tersebut dalam pidatonya. Menurutnya, gelaran pesta demokrasi lima tahunan ini tak lain merupakan pendidikan politik yang baik pada masyarakat untuk kematangan dan kedewasaan berdemokrasi rakyat.

"Oleh sebab itu dalam kontestasi politik ini kita beradu kontestasi program, kontestasi adu gagasan dan ide, kontestasi adu rekam jejak, kontestasi adu prestasi," kata Jokowi di lantai 2 Gedung KPU RI Menteng Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Ia juga meminta seluruh pihak untuk tidak saling menfitnah, menghina serta mencemooh antara satu dengan yang lainnya. Sebab, itu bukan nikai-nilai etika yang dianut bangsa ini. "Jangan sampai karena kontestasi politik ini dalam rangka pilpres, silatuhmrahmi diantara kita menjadi tidak baik," tandasnya.

Komitmen serupa diucapkan lawan politiknya yaitu Prabowo Subianto. Ia menyerukan semua pihak melaksanakan pemilu dengan semangat kekeluargaan.

Hal ini penting untuk mencari yang terbaik untuk bangsa, bukan untuk mencari kesalahan maupun kekurangan masing masing.

"Bersama Bapak Jokowi saya berharap, menyerukan dan mengajak, kita harus merasakan bahwa kita ini satu keluarga besar NKRI karena itu kita harus menyikapi semua persoalan bangsa sebagai persoalan keluarga besar kita," pungkas Prabowo. (jaa)

Berita Terkait

Politik / Debat ke-2, Prabowo Diminta Bicara Pakai Data

Headline / Capres Cuekin Masyarakat Adat

Nasional / Jokowi di Mata Internasional

Politik / ’Prabowo Kalau Kena Flu, Sembuhnya Lama’

Politik / Bentuk Badan Riset Tampung Ide Anak Muda Kreatif

Politik / Jokowi: Ajak Cucu ke Toko Kok Tidak Boleh?


Baca Juga !.