Politik

Ini Kata Pengamat Soal Pertarungan Pilpres di Banten

Redaktur: Redjo Prahananda
Ini Kata Pengamat Soal Pertarungan Pilpres di Banten - Politik

INDOPOS.CO.ID - Pertarungan antara kubu calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Provinsi Banten diprediksi akan berlangsung seru. Ini lantaran pada pilpres 2014 lalu, capres Prabowo Subianto yang saat itu berpasangan dengan cawapres Hatta Radjasa pernah menang di Banten. Namun di satu sisi, Ma'ruf Amin yang kini mencalonkan sebagai cawapres Jokowi merupakan putra daerah asal Banten. 

Menurut pengamat politik Oktarina Soebardjo dari Lembaga Survei Stratak Indonesia, Banten adalah basisnya Partai Golkar. Banyak tokoh-tokoh politik dan kepala daerah di Banten yang berasal dari partai itu. 

"Jadi kemenangan Prabowo-Hatta di pilpres lalu tak bisa dilepaskan dari keterlibatan Partai Golkar yang saat itu mengusung mereka," katanya melalui siaran pers, Sabtu (22/9/2018). 

Dia menjelaskan, di pilpres kali ini klan politik di Banten lebih banyak berada di pihak Jokowi - Ma'ruf. Turunnya dinasti politik Ratu Atut yang menguasai beberapa daerah ditambah dengan turunnya kekuatan politik beberapa daerah termasuk di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang, lalu turunnya Gubernur Banten yang mendukung Jokowi - Ma'ruf jelas tak bisa dianggap sepele. Saat yang sama PDI Perjuangan juga masih mendapat suara tertinggi di berbagai survei. 

"Berpadunya kekuatan itu tentu akan berkontribusi pada kemenangan Jokowi - Ma'ruf. Yang tak kalah penting sebenarnya juga adalah dukungan rakyat Banten kepada Kiyai Ma'ruf Amin. Beliau itu kan memang orang Banten. Masa orang Banten tidak dukung orang Banten lagi, apalagi ini mau jadi pemimin negara. Jadi wapres. Pasti didukung itu. Itu soal kebanggan," ujarnya. (ydh)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Gelar Sebelas Perkara PHPU Legislatif Dapil Jawa Timur

Headline / Juli Bicarakan Tambahan Parpol Koalisi

Headline / Pendukung Desak Prabowo-Sandi Konsisten Jadi Oposisi

Politik / Sandiaga Ajak Pendukung Jaga Persaudaraan


Baca Juga !.