Kamis, 18 Oktober 2018 12:23 WIB
pmk

Nasional

Gubernur DKI Jakarta Siap Dukung Kementerian ATR/BPN

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2018 (HANTARU) , Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Upacara Peringatan di Lapangan IRTI, Monas, Senin (24/9).

Dasar utama diperingatinya Hari Agraria adalah diterbitkannya Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) Nomor 5 Tahun 1960 pada tanggal 24 September 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria atau dikenal dengan Undang-Undang Pembaruan Agraria (UUPA), sementara Hari Tata Ruang yang diperingati setiap tanggal 8 November tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2013 yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 25 November 2013 lalu.

HANTARU 2018 kali ini mengusung tema "Tanah dan Ruang untuk Keadilan dan Kemakmuran" yang mengandung makna tanah dan ruang sebagai satu kesatuan utuh yang dapat memberikan keadilan dan kemakmuran dalam penggunaan, pemanfataan, pemilikan untuk seluruh masyarakat, pelaku usaha maupun negara. Hal tersebut sekaligus menjadikan motivasi Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta untuk dapat menyelesaikan penyertipikatkan tanah di Provinsi DKI Jakarta.

Hadir sekaligus sebagai Inspektur Upacara yaitu Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dan sebagai peserta upacara yaitu seluruh pegawai di lingkungan Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta dan Kantor Pertanahan se-Provinsi DKI Jakarta yang dihadiri juga oleh pegawai Pemprov DKI Jakarta.

Anies Baswedan menyampaikan dukungannya untuk Kementerian ATR/BPN dalam merealisasikan program-program Kementerian ATR/BPN. "Kami Pemprov DKI Jakarta akan mendukung program-program yang terkait dengan penataan tata ruang dan tanah di Jakarta sesuai dengan tema HANTARU 2018 yaitu 'Tanah dan Ruang untuk Keadilan dan Kemakmuran', ini sangat sejalan dengan tema yang kami usung 'Kesetaraan, Kesempatan dan Keadilan di DKI Jakarta," ujar Anies saat diwawancarai.

"Pemprov DKI Jakarta siap untuk menfasilitasi dan mendukung kegiatan di BPN untuk memastikan seluruh rakyat DKI Jakarta memiliki kepastian atas aset-aset yang dimilikinya," lanjut Anies.

Dalam kesempatan yang sama Jaya, S.H., M.H, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta menyampaikan komitmen bersamanya dengan Pemprov DKI Jakarta. "Kita berkomitmen BPN DKI Jakarta dengan Pemprov DKI Jakarta, bahwa seluruh bidang tanah yang ada di Pemprov DKI Jakarta akan kita sertipikatkan dan daftarkan, pada tahun 2019 akan menuju satu peta dan ini sekaligus untuk mewujudkan tema HANTARU 2018 dalam mewujudkan keadilan dan kemakmuran," ujar Jaya.(rej)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kementerian-atrbpn #hantaru 

Berita Terkait

Jokowi Komitmen Sertifikatkan Tanah Rakyat

Banten Raya

Jokowi Bagikan 10 Ribu Sertipikat di Tangsel

Banten Raya

IKLAN