Selasa, 16 Oktober 2018 04:46 WIB
pmk

makanmakan

Santapan Si Hijau yang Mungil

Redaktur: Achmad Sukarno

Foto: Zulhaidah Bahar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Jika Anda penggemar sayur -sayuran, pasti tidak asing dengna sayuran yang bernama brokoli, bukan? Memiliki pohon yang kecil, sayuran berwarna hijau ini ternyata kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk Anda. Manfaat brokoli hijau di antaranya dipercaya dapat berkontribusi untuk membuat tulang Anda menjadi sehat, membantu mencegah kanker, dapat meningkatkan vitamin D, serta membuat Anda terlihat awet muda.

Brokoli merupakan sayuran sumber serat yang bisa membantu  sistem percernaan Anda. Sayuran ini bisa dimakan secara mentah, memasaknya atau mengukusnya.

Tidak hanya baik untuk Anda, brokoli juga sangat baik untuk  anak-anak. Beragam vitamin terkandung dalam sayur yang berukuran kecil ini.Di antaranya yakni vitamin C, B6, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K. Tidak hanya itu, sayur ini juga mengandung protein, air, karbohidrat, dan zat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Wee Nam Kee yang berlokasi di Grand Indonesia, Jakarta ini merupakan restoran yang sudah memiliki reputasi di Singapure, dan ditempat ini mereka menyajikan menu berbahan dasar brokoli, yaitu Brocoli with Garlic. Menu ini tidak hanya menyehatkan, tetapi juga sangat lembut dan lezat ketika dimakan.

Chef Wee Nam Kee, Dede Mulyana, mengatakan jika untuk memasakan sayuran ini tidak memerlukan waktu yang  lama. Brokoli direbus terlebih dahulu, kemudian tumis beberapa bumbu guna untuk memberikan rasa pada sajian sayuran mungil ini. "Brokoli direbus sebentar. Lalu tumis bawang putih, lada, chicken powder. Setelah itu tata brokoli, dan siram tumisan yang sudah siap tadi," tuturnya.

INDOPOS sempat mencoba hidangan Dede ini, brokoli terasa enak. Ada rasa krenyesnya, karena dimasak yang tidak terlalu lama. Karena jika sayuran terlalu lama dimasak akan menyebabkan tekstur pada sayuran menjadi layu, dan gizinya pun menjadi hilang. Itu sebab kenapa sayuran ini dimasak terpisah dengan bumbunya.

Jadi, ketika kuah kental tadi harus dalam keadaan panas sewaktu ditumpahkan ke sayur, agar bumbu bisa meresap hingga ke dalam daging sayuran ini.  (zbs)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakan-makan 

Berita Terkait

KFPI Bagi-Bagi Resep Masakan Korea

Banten Raya

Kongkow di Rooftop Cocok Bagi Keluarga dan Gen z

makanmakan

Soal Nama "Bensu", Ruben Gugat Jessy Handalim

Headline

Nasi Liwet Jawara

makanmakan

Menikmati Lezatnya Menu "The Hobbit"

Jakarta Raya

IKLAN