Ekonomi

Jamkrindo Bekali Pengetahuan Mahasiswa Agar Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Redaktur: Redjo Prahananda
Jamkrindo Bekali Pengetahuan Mahasiswa Agar Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0 - Ekonomi

Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko memberikan kuliah umum bertajuk Strong Leadership di Gedung Auditorium Vokasi UI.

INDOPOS.CO.ID - Perum Jamkrindo membekali pengetahuan para mahasiswa vokasi Universitas Indonesia (UI) melalui kuliah umum bertajuk Peranan Industri Penjaminan dalam Tantangan Industri 4.0. Sehingga diharapkan para mahasiswa siap menghadapi era digitalisasi.

Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Jamkrindo Sulis Usdoko menyatakan, kegiatan literasi seperti ini sangat penting untuk mempersiapkan generasi muda agar selalu siap bertransformasi. Sektor keuangan, menurut Sulis, salah satu sektor yang paling diminati lantaran menawarkan gaji lebih tinggi dari industri lain.

Sulis Usdoko memaparkan materi mengenai tantangan industri 4.0, termasuk di dalamnya mencakup gambaran peluang dan kecakapan apa saja yang dibutuhkan oleh para mahasiwa mahasiswi ketika akan terjun langsung ke dunia kerja.

“Kegiatan Goes to Campus juga merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai peran BUMN dalam pembangunan ekonomi. Di sisi lain juga memperkenalkan BUMN serta produk dan layanan BUMN yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Sulis dalam rilis Humas Jamkrindo.

Menurut Sulis, banyak inisiatif yang dilakukan Jamkrindo untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa seperti pembangunan taman bacaan di daerah-daerah, pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi yang kurang mampu, pemberian bantuan paket penunjang pendidikan, hingga bekerjasama dengan berbagai universitas untuk program magang bersertifikat.

“Penerimaan mahasiswa program magang merupakan bagian dari peran serta serta tanggung jawab Perum Jamkrindo dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia (SDM) terutama untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah serta koperasi (UMKMK) di dalam negeri,” ujar Sulis lagi.

Jamkrindo berharap para mahasiswa mendapatkan bekal mengenai dunia kerja yang sesungguhnya ketika mengikuti program magang bersertifikat. Dengan magang di perusahaan BUMN diharapkan kualitas SDM meningkat. Ketika memasuki dunia kerja, mahasiswa/i magang bisa menjadi tenaga kerja yang unggul dan berdaya saing. “Saat ini Jamkrindo telah menerima 70 peserta program magang bersertifikat,” kata Sulis.

Menurutnya, revolusi industry 4.0 adalah revolusi tanpa batas yang menyebar keseluruh dunia dengan kecepatan luar biasa, sehingga pemimpin yang dibutuhkan adalah SDM yang mampu menunjukan kompentesi diri dan peka terhadap kebutuhan perusahaan. “Kepemimpinan yang dibutuhkan ke depan adalah leadership 4.0 dengan menunjukkan kompentensi diri. Yang terbaik tidak pernah istirahat,” tegasnya. (ers)

 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.