Nusantara

Api Nyaris Lumat Gedung Sekolah

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Api Nyaris Lumat Gedung Sekolah - Nusantara

ULAH OKNUM-Api yang berkobar membakar lahan di bagian belakang Gedung SMA 1 Sangatta Selatan, Kalimantan Timur, menjadikan warga panik. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - Musim kemarau yang berlangsung cukum lama dan menyebabkan  kekeringan di wilayah Kota Sangatta, sangat rawan terhadap bahaya kebakaran. Lantas, kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pun sempat membuat gempar warga, Minggu (30/9).

Kobaran api yang muncul sekitar pukul 15.00 Wita membakar kawasan lahan di belakang gedung sekolah itu, diduga akibat ulah oknum tangan jahil. Kejadian tersebut mulanya diketahui oleh masyarakat sekitar di Jalan Guru Besar, Kecamatan Sangatta Utara. Tepatnya di belakang bangunan SMA 1 Sangatta Selatan, kobaran api mendadak berkobar  cukup hebat di lahan berupa semak belukar.

Anggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kutim yang menerima laporan tersebut, langsung bergerak menuju lokasi. Warga sekitar yang panik dan berupaya memadamkan sesuai kemampuan, akhirnya ikut membantu petugas DPKP Kutim melakukan pemadaman api.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DPKP Kutim Joko Sutikno menjelaskan, pihaknya menurunkan beberapa unit mobil pemadam. Memang tak mudah memadamkan api di lahan hutan, karena perlu menyiapkan bahan bakar lebih untuk siap siaga bila api merembet hingga permukiman warga.

“Apalagi, tempat kejadian kebakaran dekat dari bangunan sekolah. Hal itu yang paling dikhawatirkan, jangan sampai merembet ke sekolah tersebut,” ujarnya. Dia menerangkan, proses pemadaman dilakukan oleh regu dari dua pos utara, dibantu masyarakat sekitar. Akhirnya, api berhasil dijinakkan spadapukul 15.40 Wita.

Joko memaparkan, penyebab kebakaran saat ini belum diketahui pasti. Namun dugaan sementara,  diperkirakan ada oknum tak bertanggung jawab yang sengaja membakar hutan tersebut. (mon/san)

Berita Terkait

Daerah / Dua Hektare Terbakar karena Puntung

Internasional / Kebakaran Hutan California Sudah Tewaskan 76 Orang

Nusantara / 900 Hektare Lahan Terbakar

Nusantara / Asap Ganggu Penerbangan


Baca Juga !.