Liga Champions

AC Milan vs Olympiacos, Pipita Bisa Marah

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
AC Milan vs Olympiacos, Pipita Bisa Marah - Liga Champions

Gonzalo Higuain. FOTO: AFP PHOTO / MARCO BERTORELLO

INDOPOS.CO.ID – Gonzalo Higuain kembali dari cedera otot paha kanannya. Calciomercato menyebut, Higuain sudah latihan normal di Milanello, Selasa waktu setempat (2/10). Kembalinya Higuain pun memberi opsi serangan AC Milan saat menjamu Olympiacos pada Matchday 2 fase grup F Liga Europa di San Siro, Milan, malam nanti WIB (Siaran langsung RCTI pukul 23.55 WIB)

Tuttomercatoweb menyebut, Higuain bakal langsung bermain lagi sebagai starter. ''Pipita  sudah pulih dan berlatih kembali bersama kami. Setelah tak bisa main dalam dua laga, dia tentu akan marah besok (melawan Olympiacos),'' sebut winger kanan Milan Samu Castillejo, dilansir Milan Live.

Sebelum masuk meja perawatan karena cedera paha, Higuain sedang on fire. Higuain tak pernah berhenti menciptakan gol sejak giornata 4 Seria A melawan Cagliari (17/9), Matchday 1 Liga Europa kontra F91 Dudelange (21/9), dan giornata 5 ketika diimbangi 2-2 Atalanta (23/9). ''Dia pemain penting kami,'' lanjut Castillejo.

Striker pinjaman dari Juventus itu tak tergantikan sebagai pemain nomor sembilan Milan dalam lima laga pertamanya musim ini. Selain jadi laga comeback-nya pasca cedera, klub yang berjuluk Erythrolefkoi (Si Merah dan Putih) pun pernah menjadi korban bomber berkebangsaan Argentina tersebut.

Ya, Higuain pernah menjadi penakluk klub peringkat kelima klasemen sementara di Liga Super Yunani musim ini tersebut. Teror itu terjadi dalam Matchday 2 fase grup Liga Champions musim lalu. Saat itu dia masih bermain untuk Juventus. Pemain 30 tahun itu mencetak satu dari dua gol kemenangan La Vecchia Signora di Allianz Stadium, Turin (8 September 2017).

Higuain bukan satu-satunya pemain yang pulih dari cedera. Begitu juga Fabio Borini. Itu yang membuat allenatore Milan Gennaro Gattuso jadi banyak pilihan lini depan. Borini sempat bermain sebagai false nine saat giornata 5 melawan Empoli (28/9). Begitu pula dengan bomber Patrick Cutrone yang sudah 100 persen pulih dari cedera engkelnya.

Nah pertanyaannya, apakah Rossoneri kembali memainkan pemain nomor sembilan atau mempertahankan taktik false nine? Kalau opsi kedua dipilih, maka Higuain akan jadi pengganti malam nanti. Kalau dari statistik, tidak ada bedanya agresivitas Milan dengan atau tanpa striker murni.

Dengan formasi starter dengan striker murni, Milan melakukan 90 tembakan di lima laga dalam semua ajang musim ini. Jika dirata-rata, per satu laga Alessio Romagnoli dkk menembak 18 kali. Total tembakan per laga yang sama saat mereka main dengan false nine di dua giornata terakhir. Yaitu melawan Empoli dan Sassuolo (1/1). Main false nine Milan melakukan 36 shots.

Dalam konferensi pers tadi malam WIB Gattuso membuka peluang starter Higuain. ''Dia sudah jauh membaik dibandingkan sebelumnya,'' ungkap Gattuso kepada Sky Sport Italia. Tapi, dia tak menutup peluang pemain lainnya untuk mengisi posisi nomor sembilan. ''Cutrone sudah makin meningkat. Hal yang sama juga saya harapkan dari Borini,'' tambahnya.

Terlepas dari opsi yang dipilihnya, Rino hanya ingin skuadnya mampu mencetak banyak gol seperti di Mapei Stadium-Citta del Tricolore -kandang Sassuolo. Milan mencetak empat gol untuk kali pertama musim ini. Di Eropa, melibas Austria Wien 5-1 saat Matchday 1 fase grup D Liga Europa musim lalu jadi kemenangan besar terakhir. Tetapi itu terjadi pada rezim Vincenzo Montella. Bukan Gattuso.

Bek kiri Olympiacos Vasilios Torisids sudah berkoar akan meredam Higuain. Dia pernah bermain di Serie A bersama AS Roma (2012-2016) dan Bologna (2016-2018). Torosidis pernah tujuh kali head to head dengan Higuain. Dan dua pertemuan terakhir Higuain tak jadi pembeda. ''Tapi semua orang tahu, dia pemain yang bisa memberikan mimpi buruk,'' seru Pemain Terbaik Yunani 2009-2010 itu, dikutip Milan Live. (ren)

TAGS

Berita Terkait

Bola Dunia / Bakayako Bikin Kontroversi

Bola Dunia / Panas hingga Pekan Terakhir Ujung Kompetisi

Bola Dunia / Persetan dengan Mauro Icardi

Bola Dunia / Bisa Naik ke Posisi Tiga Besar

Bola Dunia / Tunggu Ledakan Piatka

Bola Dunia / Alien Bidik Trofi Negeri Ke-4


Baca Juga !.