Jakarta Raya

Basmi Rabies di Jakarta

Redaktur: Sicilia
Basmi Rabies di Jakarta - Jakarta Raya

DISUNTIK-Para pemilik hewan peliharaan membawa anjing kesayangannya untuk divaksin di Jakarta Selatan. Foto: JOESVICAR IQBAL/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) telah melakukan vaksinasi terhadap 5.625 hewan penular rabies (HPR) selama periode Januari hingga Oktober 2018. Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan Wachyuni mengatakan, pemberantasan penyakit rabies menjadi prioritas di Jakarta.

Tahun ini, pihaknya menargetkan sebanyak 5.705 hewan penular rabies (HPR) di lakukan vaksinasi di wilayah Jakarta Selatan. "Dari awal Januari hingga hari ini (4 Oktober 2018), kita telah lakukan vaksinasi kepada 5.625 hewan HPR atau 98,6 persen dari target," tandas Wachyuni, Sabtu (6/10) lalu.

Wachyuni merincikan, hewan yang dilakukan vaksinasi meliputi anjing sebanyak 1.523 ekor, kucing 4.010 ekor, kera 29 ekor, dan musang 63 ekor.

"Vaksinasi rabies ini dilakukan untuk bisa mempertahankan Jakarta sebagai daerah bebas rabies," tuturnya. Dirinya berpesan, jika masyarakat yang memiliki hewan peliharaan diduga terkena rabies, harus langsung melaporkan kepada petugas.

"Untuk mengatur keberadaan HPR di Ibu Kota juga telah dikeluarkan peraturan daerah. Yakni, Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 1995 tentang pengawasan hewan rentan rabies, serta pencegahan dan penanggulangan rabies di daerah Khusus Ibu Kota Jakarta," katanya.

Sementara itu, dejak Januari hingga Oktober 2018 ini, sudah 5.513 ekor hewan divaksin anti rabies di Jakarta Timur. Ditargetkan hingga akhir tahun akan ada 5.600 hewan penular rabies (HPR) yang divaksinasi.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur Irma Budiany mengatakan, pemberian vaksin ini dilakukan merata di 10 kecamatan. Tujuannya untuk mempertahankan wilayah ibukota bebas dari penyakit rabies.

"Target kita ada 5.600 hewan yang divaksin rabies. Saat ini sudah 5.513 ekor hewan yang divaksin. Sehingga sisanya tinggal 87 ekor hewan yang belum divaksin," kata Irma terpisah.

Menurutnya, ke 5.513 ekor hewan yang divaksin ini terdiri dari anjing 1450 ekor, kucing 3.919 ekor, kera 20 ekor dan musang 124 ekor. Kekurangan 87 ekor ini ditargetkan rampung dalam bulan Oktober ini. (ibl)

Berita Terkait

Lifestyle / Ini Manfaat Olahraga Lari Bagi Tubuh

Lifestyle / Jangan Abaikan Flek dan Spruten

Kesehatan / Pentingnya Rutin Cek Tumbuh Kembang Anak

Lifestyle / Dokter Umum Diedukasi soal Emergensi Urologi

Lifestyle / Ini Perbedaan Stunting dengan Gizi Buruk


Baca Juga !.