Headline

Diperiksa 6 Jam, Amien Rais Ngobrol Sana-Sini

Redaktur: eko satiya hushada
Diperiksa 6 Jam, Amien Rais Ngobrol Sana-Sini - Headline

HANYA SAKSI-Amien Rais dikawal sekitar 500 orang saat diperiksa. Foto: ISMAIL POHAN/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Politikus Senior Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais merasa dimuliakan oleh penyidik yang memeriksanya sebagai saksi dalam kasus hoaks dengan tersangka Ratna Sarumpaet. Dari penuturannya, tak tampak adanya ketegangan selama pemeriksaan yang berlangsung selama 6 jam tersebut.

"Saya merasa dihormati, dimuliakan oleh para penyidik. Jadi betul-betul suasana akrab penuh tawa," ujar Amien usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Suasana cair itu Amien ungkapkan dengan pemberian apresiasi kepada para penyidik. Kata dia, pertanyaan yang dilayangkan penyidik bagus serta tidak terkesan adanya pertanyaan-pertanyaan jebakan.

"Memang itu (pemeriksaan) 6 jam. Tapi sebetulnya, yang separuh itu untuk makan. Salat dan ngobrol kesana kemari. Jadi itu demikian smooth, bagus dan pertanyaannya itu straight," ungkap bekas Ketua MPR RI itu.

Amien juga mengaku disuguhi makanan favoritnya, yaitu nasi gudeg khas Yogyakarta. Bahkan usai menyantap hidangan, Amien sempat mengecek kesehatannya kepada dokter medis yang kebetulan lewat.

"Hari ini setelah makan, ada dokter lewat, eh pak dokter, ukur tensi saya. Berapa? 120-80, Jadi sehat walafiat, boleh makan tongseng dan sate," pungkasnya.

Amien Rais diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus hoaks, Ratna Sarumpaet. Amien Rais mengaku dicecar 30 pertanyaan oleh penyidik. Pertanyaan-pertanyaan itu berhubungan dengan pertemuan tokoh reformasi itu dengan Ratna.

Salah satu pengacara Amien, Ardy Mbalembout menambahkan, kliennya itu hanya ditanya seputar pertemuan dengan Ratna serta konferensi pers yang dilakukan tanggal 2 Oktober 2018 di Kediaman prabowo Subianto.

"Tadi (pertanyaanya) normatif ya, seperti kapan bertemu Ratna, apa yang dibicarakan lantas siapa yang memulai konferensi pers," kata Ardy.

Dalam penyidikan, video konferensi pers untuk menyikapi dugaan Ratna di aniaya juga dibuka oleh penyidik. "Soal konpers pun tadi dibuka videonya. Disitupun normatif bahwa Pak Amien ingin berjumpa dengan Kapolri untuk mengklarifikasi. itu kan normatif dan ada itikad baik dari kita," jelasnya.

Ia mengatakan, pemeriksaan Amien selaku saksi untuk Ratna sementara sudah dapat dicukupkan.
"Sudah cukup, tadi kata penyidik sudah selesai. Kita tunggu saja karena beliau statusnya masih saksi, belum berubah," pungkasnya. (jaa)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Politik / PAN Belum Tentukan Sikap

Headline / Amien Rais Emoh Prabowo Temui Petruk, Gareng, dan Togog

Headline / PAN Ingin Gerindra dan PKS Jadi Oposisi

Headline / Pilpres Usai, PAN: Prabowo Pergi Tanpa Pesan

Politik / Perlu Ada Oposisi dalam Pemerintahan


Baca Juga !.