Total Football

Wales vs Spanyol, Ketuk Mata Hati Lucho

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Wales vs Spanyol, Ketuk Mata Hati Lucho - Total Football

MARCO ASENSIO. AFP PHOTO

INDOPOS.CO.ID – Luis Enrique sosok yang menentukan kurang bersinarnya karir Paco Alcacer dan Marc Bartra di Barcelona. Bersama Enrique, Alcacer hanya jadi pilihan kedua striker Barca di belakang Luis Suarez. Dari 27 kali main, sembilan laga dia mencicipi jatah starter. Bartra juga mengalami hal tak jauh beda. Dia nyaris selalu jadi pemanas bench dari 2010-2016.

Nah, pekan ini Lucho memberi kepercayaan bagi kedua mantan anak buahnya tersebut kembali memperkuat timnas Spanyol. Paco setelah dua musim absen. Sementara Bartra sudah tidak membela La Furia Roja sejak 11 November 2017. Makanya, ini jadi kesempatan mereka mengetuk hati mantan bosnya. Menjadi pilihan atau kembali ditendang?

Uji coba melawan Wales di Millenium Stadium, Cardiff, dini hari nanti WIB yang akan jadi tantangannya. ''Kembali ke timnas dengan Luis Enrique itu sama saja seperti di Barcelona. Levelnya sangat tinggi dan Anda harus berada dalam level terbaik supaya tetap bisa bertahan,'' sebut Alcacer kepada RTVE.

Performanya yang sedang meledak di Borussia Dortmund musim ini jadi modal pemain pinjaman La Blaugrana tersebut. Alcacer jadi bintang Die Borussen dalam dua Spieltag dengan lima golnya. Dua golnya  ke gawang Bayer Leverkusen (29/9) dan hat-trick ke jala gawang FC Augsburg akhir pekan lalu WIB (6/10).

Dia sudah mengoleksi tiga gol dalam tujuh laga pertama musim ini. Uniknya, semua gol itu terjadi saat dia dimainkan sebagai pengganti. Tiga gol dalam tujuh laga pertama jadi musim paling agresif dari alumnus timnas U-21 Spanyol itu. ''Jika di Barca saya tak bisa mendapatkan tempat (utama), maka saya akan menebusnya di sini,'' tambah Alcacer.

Tetapi, jadi pilihan utama di posisi sembilan takkan mudah bagi striker 25 tahun itu. Dia mesti bersaing dengan Alvaro Morata dan Rodrigo Moreno. Apalagi Morata pekan ini pun juga tengah menanjak performanya. Morata mengoleksi dua gol dari dua laga beruntun, yaitu saat di Liga Europa melawan MOL Vidi FC (4/10) dan di Premier League kontra Southampton (7/10).

Sebagai mantan anak buah, Alcacer sudah memahami karakter Lucho. ''Dia pelatih yang sangat direct, dia bakal memberi tahumu hal-hal dengan begitu jelas, dan itu bagus bagi pemain tim ini,'' tutur pemain yang sudah mencetak enam gol bagi timnas Spanyol itu. Enrique menilai, faktor bobot rekan seklub yang jadi alasan kenapa Alcacer susah bersaing saat itu.

''Saya sudah paham siapa dia,'' ungkap Enrique kepada El Pais. Lantas, tetap memainkan  Alcacer sebagai striker atau lebih melebar seperti saat dia di Barca? ''Dalam kasus ini dia sudah  mencetak gol bagi Dortmund. Satu tempat di posisi itu (striker) saya siapkan. Senang sekali dia bisa bersama kami,'' tambahnya.

Sama seperti alasan di balik kembalinya Alcacer ke Las Rozas, Bartra musim ini pun sedang bagus-bagusnya.Dalam musim pertama di Real Betis, peran bek 27 tahun itu nyaris tidak tergantikan. Dia baru kali ini selalu main penuh dalam delapan pekan awal liga domestik. Sepanjang karirnya di Barca sampai Dortmund musim lalu, ini musim terbaiknya. '”Saya tak peduli siapa dia (Lucho), saya hanya tahu dia yang memanggil saya ke sini, dan saya senang kembali dipercaya,'' ungkap Bartra kepada El Golazo de Gol.

Duet Real Madrid Sergio Ramos dan Nacho sudah menunggu dalam persaingan berebut spot bek tengah Spanyol. Begitu pula bek veteran Raul Albiol. Satu-satunya hal yang dia sesali, tak ada Gerard Pique di sini. Pique sudah pensiun dari Spanyol dua bulan yang lalu. ''Saya akan selalu merindukannya (Pique),'' sebut Bartra.

Yang seru, cuma Bartra bek tengah yang punya latar belakang Catalan di antara keempat bek Spanyol. ''Tenang saja, getaran di antara kami masih sangat bagus, mereka juga teman yang baik. Saya sangat nyaman,'' klaim bek alumnus skuad juara Euro U-21 2013 itu. (ren)

Baca Juga


Berita Terkait

Bola Dunia / Tak Ada Tempat Lagi untuk Bale di Real Madrid

Bola Dunia / Tak Masalah Gaji Dipotong, yang Penting Neymar Kembali ke Barca

Bola Dunia / Saatnya Madrid Cuci Gudang

Bola Dunia / Fans Real Madrid Maunya Mbappe, Bukan Eden Hazard

Bola Dunia / Selebrasi Itu Bikin Kesal Barcelonistas

Bola Dunia / Messi Samai Rekor Iker Casillas


Baca Juga !.