Senin, 10 Desember 2018 06:38 WIB

Internasional

Mengharukan, Keluarga Korban Minta Macan Putih itu Tetap Dijaga Kesehatannya

Redaktur: Folber Siallagan

ILUSTRASI – White tiger seperti ini yang telah membunuh pawangnya sendiri di Jepang. AFP PHOTO

INDOPOS.CO.ID - Seekor macan putih dilaporkan menyerang pawangnya hingga tewas di sebuah kebun binatang di Jepang. Penjelasan mengenai kecelakaan kerja ini disampaikan oleh staf kebun binatang setempat yang mengetahui kejadiannya.

Akira Furusho, 40, hanya berniat mencari nafkah sesuai profesinya sebagai pawang harimau. Namun sayangnya ia malah harus kehilangan nyawanya karena pekerjaan yang dicintainya itu. Akira ditemukan tergeletak dengan darah yang terus mengalir di sekitar lehernya di dalam sebuah kandang harimau di kebon binatang Hirakawa Zoological Park di kota Kagoshima, Jepang.

Rekan korban yang pertama kali melihat tubuh Akira Furusho tergeletak, langsung meminta pertolongan kepada staf lain. Akira pun sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama. Namun, sayangnya nyawa Akira tidak bisa diselamatkan lagi.

Harimau putih jantan yang diduga telah menyerang Akira itu bernama Riku. Untuk menarik tubuhb korban dari dalam kandang, rekan-rekan korban terpaksa menembakkan obat bius supaya macan yang tengah mengamuk itu tertidur. Riku dibius sebelum para tim penyelamat dan tim kepolisian tiba di loksi kejadian.

Dilansir BBC pada Selasa, (9/10), pihak keluarga Akira menegaskan tidak menaruh dendam terhadap si macan yang telah menyerang kepala keluarga mereka. Bahkan, keluarga korban meminta pihak kebun binatang untuk tetap membiarkan macan putih itu tetap hidup, selalu sehat, dan tidak kelaparan.

Rekan korban juga menegaskan kalau pihaknya tidak akan membunuh harimau tersebut. ”Kami memang sudah berencana tidak akan membunuh Riku, dan terus memeliharanya karena ini permintaan keluarga korban,” kata Takuro Nagasako.

Kejadian penyerangan itu terjadi pada Senin malam (8/10). Saat kejadian diduga Akira berniat untuk membersihkan kandang macan putih jantan tersebut seperti apa yang biasa dilakukannyab setiap malam.  Namun entah apa yang terjadi, mendadak harimau putih yang menjadi momongannya itu menyerang korban tepat pada lehernya.

Pihak kebun binatang mengatakan, sesuai prosedur kerja normal, seharusnya harimau putih itu  harus dikeluarkan terlebih dulu sebelum kandangnya  dibersihkan petugas atau pawang. Aparat polisi sendiri masih terus menginvestigasi bagaimana kelalaian itu dapat terjadi. Dilaporkan bahwa hal ini bukan yang pertama kalinya insiden macan menyerang pawangnya. Bonbin itu sendiri tetap dibuka untuk publik keesokan harinya. Namun khusus wilayah observasi harimau putih masih dibatasi bagi pengunjung.

Untuk diketahui, Riku adalah harimau putih yang lahir di bonbin tersebut. Saat ini panjang tubuhnya mencapai 180 cm dengan bobot  170 kilogram. Sebelumnya pada 2008 yang juga di Jepang, seekor harimau Siberia menerkam seorang penjaga yang mengarahkannya agar kawin. Sebelumnya lagi, pada 1997, sepasang warga Jepang tewas diserang segerombolan harimau di sebuah taman safari di Jepang tengah. (am1/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #peristiwa 

Berita Terkait

Bom Dilempar ke Bus, 17 Orang Terluka

Internasional

Saling Ejek di Medsos, Dua Geng Tawuran

Megapolitan

Kota Bogor Dihajar Puting Beliung

Megapolitan

Berawal Jatuh di Kamar Mandi, Lumpuh dari Leher ke Bawah

Jakarta Raya

Pria Tewas di Dalam Mobil

Jakarta Raya

145 Paus Pilot Mati Masal

Internasional

IKLAN