Senin, 17 Desember 2018 09:50 WIB

Total Football

Secara Statistika, Penggawa Real Paling Loyal

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge

Ilzat Akhmetov (kiri), Karim Benzema (kanan). ALEXANDER NEMENOV/AFP

INDOPOS.CO.ID - DOMINASI Real Madrid di tiga Liga Champions terakhir tidak dibangun dalam waktu singkat. Tidak percaya? Menurut International Soccer Observatory (CIES) kemarin, Los Merengues setidaknya butuh pemain dengan masa bakti minimal 5 tahun.

Ya, Real menduduki peringkat pertama untuk tim yang memiliki rata-rata pemain dengan jumlah musim terbanyak dalam karirnya. Tepatnya 5,86 tahun. Artinya, di skuad saat ini, satu pemain memiliki masa bakti di Santiago Bernabeu selama 5,86 tahun.

Itu tidak mengherankan. Sebagai contoh, semua pemain yang jadi starter di tiga final Liga Champions terakhir bukanlah pemain baru. Pelatih Real setidaknya hanya mengutak-atik dari line up yang dibawanya yang juga dihuni pemain-pemain dengan masa bakti cukup lama di Real.

Kapten Sergio Ramos dan Karim Benzema menjadi pionir untuk kesetiaan kepada Real. Keduanya menjadi pemain yang paling lama berkostum Real saat ini. Rinciannya, Ramos 14 musim dan Benzema 10 musim. Andai Cristiano Ronaldo tidak hengkang ke Juventus, maka dia akan bersanding bersama Benzema dengan 10 musim pengabdian kepada Real.

Real dikuntit rival abadinya Barcelona. Ya, Barca ada di posisi runner-up dengan rerata kesetaiaan pemainnya adalah 5,26 tahun ada di Camp Nou. Jebolan La Masia seperti Lionel Messi, Sergio Busquets, dan Gerard Pique jadi yang terdepan untuk urusan setia kepada Blaugrana.

Pemain Bayern Muenchen jadi yang paling setia berikutnya. Berbekal pemain-pemain gaek seperti Franck Ribery dan Arjen Robben, rerata masa bakti FC Hollywood adalah 5,26 tahun.  Berbekal statistik tersebut, tactician Arsenal Unai Emery percaya bahwa Real bisa segera bangkit. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu yakin entrenador Real Julen Lopetegui bisa menemukan serum ampuh agar Real kembali ke jalur yang benar meski tanpa CR7.

''Real harus menemukan keseimbangan meski tanpa dia (CR7, Red) dan itu butuh waktu untuk beradaptasi,'' kata Emery kepada Marca. ''Bila itu (tren tidak menang di empat laga, Red) terjadi kepada saya, maka saya mencoba bersabar. Tetapi pada akhirnya sulit untuk mengharapkan kesabaran dalam sepakbola saat ini," lanjut eks pelatih PSG dan Sevilla itu. (io)


TOPIK BERITA TERKAIT: #real-madrid #liga-spanyol 

Berita Terkait

Rodrygo Datang, Navas Hengkang

Total Football

La Masia Berbicara

Indosport

Bencana Gareth Bale

Indosport

Ikrar Hindari Petaka

Indosport

Busquets Resmi Legenda Barcelona

Indosport

Noktah Buram El Cholo

Indosport

IKLAN