Total Football

Tanpa Suporter, Kroasia Hati-Hati Inggris

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Tanpa Suporter, Kroasia Hati-Hati Inggris - Total Football

Alexander-Arnold. PAUL ELLIS / AFP

INDOPOS.CO.ID - Kroasia akan menggelar pertandingan lawan Inggris dini hari nanti (13/10) di Stadion Rujevica tanpa penonton. Sebab tuan rumah masih dalam masa hukuman UEFA pasca lapangan Stadion Poljud, Split kedapatan bermotif swastika.

Hukuman tersebut dijatuhkan UEFA ketika Krosia menghadapi Italia di ajang kualifikasi Euro 2016 pada Juli 2015. Komisi kontrol, etik, dan disiplin UEFA menjatuhi Vatreni dua laga kandang tanpa suporter di ajang kompetisi UEFA. Hukuman pertama sudah dilakoni ketika Kroasia menjamu Bulgaria di matchday kesembilan Grup H kualifikasi Euro 2016 (10/10/2018).

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic kepada EPA kemarin (11/10) mengatakan hukuman tersebut akan sangat merugikan timnya. Apalagi yang dihadapi kali ini adalah Inggris.   “Rasanya hukuman ini tidak adil. Suporter kami seharusnya bisa menikmati pertemuan dua tim semifinalis Piala Dunia,” tutur Dalic.

Menurut The Guardian kemarin pertandingan tanpa suporter ini malah bisa menjadi bumerang bagi The Three Lions. Sebab tanpa keberisikan suporter, pemain-pemain Inggris justru harus ekstra hati-hati dalam menjaga emosinya.   “Setiap detail ucapan para pemain akan terdengar dan setiap gerak bibir terbaca oleh kamera. Itu merupakan keuntungan sekaligus kerugian,” tulis The Guardian.

Bahkan pelatih Inggris Gareth Southgate sudah menyuruh anak buahnya menonton dua pertandingan yang dilangsungkan tanpa suporter. Yakni Barcelona versus Las Palmas di Camp Nou pada Oktober 2017. Serta Olympique Lyon lawan Shakhtar Donestk di Parc Olympique Lyonnais Rabu (3/10) lalu.

Di sisi lain, salah satu wasit elit asal Inggris Mark Clattenburg kepada Daily Mail mengatakan kans Inggris menang atas Kroasia pun membesar seiring laga yang digelar secara tertutup itu.   “Fans Kroasia sangat suka melakukan intimidasi. Saya memimpin pertandingan Kroasia lawan Rep Ceko di Euro 2016 dan para suporter Kroasia itu melempari kembang api suar ke lapangan,” kenang Clattenburg. (dra)

Berita Terkait

Bola Dunia / Raheem Sterling Kandidat Kapten Three Lions

/ Kado Istimewa Perisic dan Modric

Total Football / Spanyol vs Inggris, Tebak-Tebakan Ala Enrique

Total Football / Kroasia vs Inggris, Ganjal Misi Balas Dendam

Total Football / Kroasia vs Inggris, Ganjal Misi Balas Dendam

Total Football / Inggris vs Spanyol, Laga Dua Tim yang Memulai Siklus Regenerasi


Baca Juga !.