Senin, 19 November 2018 02:42 WIB
pmk

Nasional

Alumni Perikanan Undip Luncurkan Buku, Tata Kelola Pembangunan Perikanan

Redaktur: Heryanto

Ketua umum alumni perikanan Undip, Abdul Kadir Karding (Kiri) saat peluncuran buku. Humas Undip for Indopos.

INDOPOS.CO.ID - Ikatan Alumni Perikanan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang meluncurkan buku bertajuk Membangun Indonesia dengan Intisari Perikanan. Buku tersebut merupakan kumpulan gagasan Ikatan Alumni Perikanan DPD Jabodetabek yang diwakili 18 penulis dari beragam latar belakang profesi mulai dari akademisi, ahli perikanan, birokrat, praktisi, bankker, dan pelaku usaha perikanan, di Semarang, Minggu (14/10/2018).

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu) Jabodetabek Tri Hariyanto mengatakan, buku Membangun Indonesia dengan Intisari Perikanan merupakan bentuk sumbang pikir para intelektual perikanan dan diharapkan dapat menjadi rujukan bagi seluruh stakeholders perikanan. 

"Khususnya bagi pemangku kebijakan mengenai bagaimana melakukan tata kelola pembangunan perikanan agar lebih berdampak bagi kemaslahatan bangsa. Kita memiliki potensi ekonomi maritim yang luar biasa besar, dimana sektor perikanan menjadi andalan saat ini," ujar Tri yang juga Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP itu.

"Kami sebagai insan perikanan tentu punya tanggungjawab untuk turut memberikan kontribusi nyata. Buku ini, saya rasa bentuk kontribusi kami melalui ide/gagasan yang konstruktif agar sektor ini memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional," imbuhnya.

Dari akuakuktur saja, lanjut dia, potensi nilai ekonomi sumberdaya diperkirakan mencapai USD 250 miliar per tahun. Nilai yang sangat besar dan berpeluang untuk dimanfaatkan. Peluncuran buku ini, kata dia, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ulang tahun ke-50 Jurusan Perikanan Undip. 

Ketua umum alumni perikanan Undip Abdul Kadir Karding mengungkapkan, peran alumni sangat penting dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Salah satu peran kita adalah menjadi mitra Pemerintah dalam memberikan sumbangan pemikiran bagi arah kebijakan pembangunan perikanan.

"Saya sangat mengapresiasi karya temen temen ini. Untuk itu saya akan menyampaikan buku kumpulan gagasan ini sebagai salah satu referensi bagi pengkayaan visi misi pembangunan kemaritiman ke depan", tutur Karding yang juga Anggota Komisi VIII DPR RI dari PKB ini. (nel)


TOPIK BERITA TERKAIT: #undip #buku #alumni-perikanan-undip-luncurkan-buku 

Berita Terkait

IKLAN