Nasional

Bebankan APBN, Nasdem Menolak

Redaktur: Nurhayat
Bebankan APBN, Nasdem Menolak - Nasional

Ilustrasi APBN Dok .Indopos

INDOPOS.CO.ID - RENCANA Komisi II DPR RI yang ingin memasukkan anggaran pembiayaan saksi pada APBN 2019 mendapatkan penolakan dari partai Nasdem. ”Nasdem menolak dana saksi dibiayai oleh negara, sebab saksi pemilu merupakan instrument partai. Jadi sudah selayaknya partailah yang bertanggung jawab untuk memberikan biaya operasional terhadap kader yang bekerja menjadi saksi,” kata Ketua DPP Partai Nasdem bidang Media dan Komunikasi Publik, Willy Aditya.

Lebih lanjut Willy menjelaskan Bawaslu dan KPU juga telah memiliki perangkat sampai tingkat TPS yang dibiayai negara. Jika harus juga membiayai saksi partai politik itu akan melukai nurani publik. ”Ini akan membebani APBN sekitar 2,5 triliun, dengan uang segitu banyak lebih baik dialokasikan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Willy.

”Fungsi pengawasan kita serahkan saja kepada Bawaslu dengan perangkatnya yang telah dibiayai negara. Sedangkan partai menyiapkan kader untuk menjadi saksi. Kita di Nasdem sudah sejak setahun belakangan ini menyiapkan kader yang akan jadi saksi di semua tingkatan perhitungan suara dengan membentuk Komisi Saksi Nasional atau KSN,” beber Willy.

Sebelumnya, Komisi II DPR RI mengusulkan dana saksi Pemilu 2019 ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah dan bukan dibebankan ke partai politik. Hal ini disampaikan ketika mengadakan Rapat Dengar Pendapat dengan Kementerian Dalam Negeri di komplek DPR RI Senayan pada Selasa (16/10) 2018 yang lalu. (aen)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Anggaran Empat Menko Rp1,26 Triliun

Nasional / Seleksi Capim KPK Dikebut

Politik / Pemborosan, Perluasan Ruang Kerja DPR

Nasional / DPR Ancam Panggil KPK Soal Predikat Wajar Dengan Pengecualian

Nasional / Tak Bebani APBN, Bisa Pakai Skema Sewa


Baca Juga !.