Kemenpora Kolaborasikan Pengusaha dengan Pebisnis Sukses

Redaktur: Nurhayat
Kemenpora Kolaborasikan Pengusaha dengan Pebisnis Sukses -

UNGGULAN-Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam (kedua kanan) melihat produk-produk wirausahawan muda di sela sela Pelatihan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda di Jakarta, Jumat (19/10). KEMENPORA FOR INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kemenpora terus menumbuhkan wirausaha di kalangan pemuda. Pengusaha muda tidak hanya diberikan akses pelatihan dan permodalan. Kemenpora juga menjembatani terjadinya kolaborasi antara wirausaha muda  dengan pengusaha sukses serta lembaga pembiayaan, baik bank atau non bank.

Deputi Pengembangan Pemuda, Kemenpora, Asrorun Niam mengatakan, wirausaha muda penting untuk berkolaborasi saling menguntungkan. Hal tersebut juga untuk belajar dan terus upgrade kemampuan bisnisnya. ”Kemenpora akan menjembatani dengan pengusaha pengusaha yang sudah sukses di berbagai bidang. Kita hadirkan mereka dalam pelatihan,” cetus Niam di acara Pelatihan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Muda di Jakarta, Jumat (19/10).

Menurutnya, wirusaha muda bisa langsung berinteraksi dan bekerja sama. ”Kita upgarde kemampuan bisnis mereka dengan para ahlinya. Lalu kami kawinkan dengan yang sudah sukses,” kata Niam. Salah satu  yang dihadirkan dalam pelatihan adalah perusahaan e-commers yakni Shopee. Selain memahami model bisnis online, wirausaha muda bisa membentuk jaringan bisnis dalam bisnis on Line  Shopee yang telah memiliki jutaan vendor.

Langkah lain yang dilakukan Kemenpora adalah dengan akses permodalan bagi wirausaha muda yang dinyatakan lolos penilaian. Setelah itu, Kemenpora akan membantu wirausaha muda dengan menghubungi lembaga pembiayaan baik Bank atau nom bank. ”Kami berikan Rp 15 juta untuk modal awal. Lalu kami membuka pintu lembaga pembiayaan agar bisa menyalurkan dana. Pemuda kreatif butuh modal. Sementara lembaga pembiayaan butuh penyaluran. Ini kolaborasi saling menguntungkan. Ke depannya kita berharap akan muncul sosok wirausahawan muda yang sukses seperti Nadiem Makarim (CEO Go-Jek), Ahmad Zaky (CEO Bukalapak) dan Jack Ma (Pendiri Alibaba),” bebernya.

Sementara itu Asisten Deputi Wirausaha Muda Kemenpora, Imam Gunawan menjelaskan pelatihan Penumbuhan Minat Wirausaha Muda di kalangan pemuda yang digelar Kemenpora telah mamsuki tahap final. Dari delapan tahap pelatihan tersisa 100 peserta. ”Dari 100 peserta, sebanyak 85 persen sudah berhasil membuka usaha. Mereka inilah yang berpeluang mendapat akses bantuan permodalan,” kata Imam.

Salah satu peserta pelatihan penumbuhan kewirausahaan, Sofia Maharani menyebut, kegiatan ini sangat membantu dirinya untuk menentukan bisnis yang akan dijalankan. Ia juga merasa senang karena mendapat akses permodalan dari Kemenpora senilai Rp 15 juta. ”Kegiatan ini bagus banget. Jadi kita punya kesempatan untuk belajar wirausaha, udah gitu kita juga dapet temen-temen yang ingin berwirausaha ataupun yang sudah berwirausaha jadi kita bisa membangun jaringan,” katanya. (aen)

TAGS

Berita Terkait

Nasional / Waktu Penahanan Tersangka Ditambah

Nasional / Ada Upaya Menutupi Jejak

All Sport / E-Sport Siapkan Gamers ke Manila

All Sport / SEA Games Hanya Sasaran Antara


Baca Juga !.