Moto GP

Dovi Terjatuh, Jadi Penentu Marquez Juarai MotoGP Motegi

Redaktur: Heryanto
Dovi Terjatuh, Jadi Penentu Marquez Juarai MotoGP Motegi - Moto GP

INDOPOS.CO.ID - Pembalap Spanyol Marc Marquez mematahkan pesimistis para pencinta Motor Grand Prix (MotoGP). Menyusul suksesnya mengunci gelar juara dunia MotoGP 2018 bahkan untuk kelima kalinya. Ini didapat Marquez setelah naik podium juara di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu (21/10/2018).

Pesimis pencinta MotoGP, terutama penggemar Marquez itu dikarenakan pole posisi pembalap berpaspor Spanyal diurutan keenam. Walau sikap pesimis dibayar Marquez bukan aksi menunggang kuda besi, tapi ada bau keberuntungan. Di mana pesaing ketatnya Andrea Dovizioso yang dijagokan dalam duel ini, terjatuh dan akhirnya malah finish di posisi ke 18 sehigga tak mendapatkan poin.

Akhirnya penggemar bersama sang pujaan Marquez berpesta merayakan gelar juara dunia MotoGP 2018 di kandang Honda. Kemenangan pada MotoGP Jepang 2018 membuat Marc Marquez sudah tak lagi mungkin digusur dari puncak klasemen.

Tambahan 25 poin membuatnya kini sudah mengoleksi 296 poin. Kemenangan Marquez juga sedikit terbantu dengan kesialan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, yang terjatuh dan akhirnya hanya finis di posisi ke-18, sehingga tak mendapat poin.

Seperti diketahui, Marquez mengawali balapan dari posisi keenam. Sedangkan Dovizioso mengamankan start terdepan usai jadi yang tercepat di kualfikasi. Namun, rider Honda Repsol itu menciptakan start apik untuk melesat di posisi kedua membayangi Dovizioso yang memimpin sebagian besar balapan.

Di putaran keempat terakhir, Marquez berhasil menyalip Dovizioso. Keduanya bertarung hingga dua putaran terakhir sebelum Dovizioso jatuh dan finis ke-18 sehingga Marquez pun mulus menuju garis finis.

Kemenangan ini memastikan Marquez juara dunia usai mengantongi 296 poin, unggul 102 poin dari rival terdekatnya Dovizoso (194 poin). Dengan tiga balapan tersisa, perolehan angka Marquez tidak akan bisa terkejar. Ini adalah titel juara dunia MotoGP Marquez kelima dalam kariernya. Sebelumnya, pebalap Spanyol itu juara di 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Di tiga balapan tersisa, tak ada lagi pembalap yang bisa menyalip Marquez di puncak klasemen, termasuk Dovizioso. Ini jadi gelar juara dunia MotoGP kelima yang didapat The Baby Alien dari enam musim kiprahnya di kelas utama.

Start bagus dilakukan Dovi dengan menjaga posisi pertama. Sedangkan posisi kedua ditempati Jack Miller yang diikuti Marquez. Namun, tak butuh waktu lama bagi Marquez untuk segera menyalip Miller.

Di barisan belakang, Valentino Rossi juga melakukan start yang bagus. Memulainya dari posisi kesembilan, pembalap Movistar Yamaha itu menyodok untuk mengambil urutan kelima. (mgp/adk/jpg)

Berita Terkait

All Sport / Luncurkan Motor untuk MotoGP 2019

All Sport / MotoGP 2019 Uji Pertama di Sepang

All Sport / Marquez Diperkirakan akan Uji Pertama di Sepang

All Sport / Malaysia Memulai Sejarah Grand Prix

All Sport / Diprediksi Pembalap Terkuat


Baca Juga !.