Rabu, 12 Desember 2018 08:53 WIB

Liga Champions

Manchester United vs Juventus, Kawal Ketat Mantan

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge

Cristiano Ronaldo (kanan). MARCO BERTORELLO/AFP

INDOPOS.CO.ID - Cristiano Ronaldo akan kembali lagi ke Old Trafford setelah lima tahun. 'Reuni' pertama Ronaldo dengan klub yang dibelanya 2003-2009 itu terjadi pada leg pertama 16 besar Liga Champions 2012-2013 (14/2/2013). Saat itu, gol Ronaldo menghindarkan Los Merengues dari kekalahan dan membuat skor 1-1.

Dini hari nanti (24/10) di Old Trafford Ronaldo datang dengan baju yang berbeda. Pemain 33 tahun itu sudah membela Juventus sejak musim panas lalu. United akan menjamu Juventus dalam matchday ketiga Grup H Liga Champions 2018-2019.

Selain Ronaldo, tajuk reuni juga terjadi dengan Paul Pogba. Pogba pernah menjadi bagian Bianconeri selama empat musim (2012-2016) sebelum akhirnya dibeli lagi oleh United. Khusus Mourinho, perjumpaan dengan Ronaldo menyeret memorinya sewindu yang lalu ketika pelatih asal Setubal itu menangani Real tiga musim (2010-2013).

Dalam preskon sebelum pertandingan Senin (22/10) di Carrington, Mourinho menjawab pertanyaan wartawan dengan nada ketus ketika ditanya impresinya soal Ronaldo.   “Saya pikir Ronaldo berada dalam level di mana tidak seharusnya menerima pertanyaan ini. Karena dia adalah pemain terbaik sepanjang masa dan tak ada keterangan lain soal itu,” kata Mourinho seperti diberitakan Manchester Evening News kemarin. “Sesimpel itu,” tambah eks pelatih FC Porto, Chelsea, dan Inter Milan itu.        

Ronaldo dalam tiga pertemuan dengan United ketika masih berbaju Real tak sekalipun mengalami kekalahan. Dua laga berakhir kemenangan sedang satu sisanya berujung imbang. Ronaldo mencetak dua gol dalam tiga pertemuan itu. Mourinho yang dicecar pertanyaan soal mengapa Ronaldo meninggalkan Real musim panas lalu juga memilih untuk tak menjawabnya. Pria asal Setubal Portugal itu hanya ingin menjawab tentang pertandingan United lawan Juventus dini hari nanti (24/10).

Rekor pertemuan United versus Juventus 12 kali menang, baik United maupun Juventus sama-sama mengantongi lima kemenangan. Sedangkan dua laga lain berakhir seri.

Berkaca dari rekam jejak pertemuan, Juventus selalu inferior jika bertemu United di Old Trafford. Dari enam pertemuan di kandang United, Juventus menang sekali, dua kali seri, dan tiga kali kalah. Kemenangan Bianconeri terakhir terjadi pada 20/11/1996 di fase grup. Saat itu Juventus menang 1-0 berkat gol Alessandro Del Piero. “United sudah menunjukkan performa yang apik dalam dua pertandingan terakhir. Maka kami akan mencoba lagi seperti yang ditunjukkan di dua laga sebelumnya (lawan Newcastle (6/10) dan Chelsea (20/10)),” ucap Mourinho.

Mourinho mengatakan motivasi yang ada di dalam dirinya sedang tinggi. Selain hasil tak kalah di dua laga sebelumnya, Juventus menurut Mourinho,  adalah salah satu tim terbaik dunia. Jadi, semua pelatih pasti berambisi menaklukkan Juventus.   “Setiap pertandingan Liga Champions selalu memiliki atmosfer yang berbeda dari laga lainnya. Kami selalu siap dan antusias buat laga tersebut,” ujar Mourinho.  Nah, soal pemain lain yang juga bereuni di laga ini, Pogba, bapak dua anak itu menyatakan ketidak senangan jika diseret pada pertanyaan soal performa individu. Dan bukan soal penampilan tim.

Sementara itu, kiper Juventus Wojciech Szczesny kepada Calciomercato mengatakan United pantas mewaspadai 'ledakan' sang mantan pemain. Selain rekor tak pernah kalah kalau Ronaldo jika bertemu United, Ronaldo akan melampiaskan amarahnya setelah kena kartu merah di matchday pertama lawan Valencia (19/9).

 “Kita semua mengetahui apa yang sudah dicapai Ronaldo di sana (United, red.) namun sekarang dia adalah pemain Juventus. Dan kami mengapresiasi apa yang dilakukannya bersama kami saat ini,” kata Szczesny kemarin.

Menurut kiper 28 tahun itu pertandingan United versus Juventus ini akan berlangsung keras dan banyak pertarungan fisik. “Karena memang seperti itulah United bermain,” ucap Szczesny yang pernah bermain bersama Arsenal 2010-2015 lalu. (dra)


TOPIK BERITA TERKAIT: #manchester-united #juventus #manchester-united-vs-juventus 

Berita Terkait

Mou Bungkam, Pemain Resah

Indosport

MU Kepayahan di Tandang

Total Football

Selebrasi Gila Mou

Indosport

Menang, Mourinho Tendang Satu Rak Botol Air Minum

Liga Champions

Bukan Striker Bengal

Indosport

Terima Kasih, Alvarez

Liga Champions

IKLAN