Selasa, 13 November 2018 10:08 WIB
pmk

Nasional

Khoirizi Ingatkan Soal Perda Haji

Redaktur: Darul Fatah

REGULASI: Direktur Bina Haji Khoirizi saat menggelar evaluasi embarkasi di salah satu hotel wilayah Kota Medan, Sumut, Selasa (23/10/2018). Foto: Kemenag untuk INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar evaluasi embarkasi di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (23/10/2018). Evaluasi ini diharapkan dapat memacu dan memicu peningkatan layanan di embarkasi pada musim haji mendatang.

"Ingat, dalam penyelenggaraan haji harus mengikuti regulasi. Nah, terkait penyelenggaraan di daerah perlu kiranya dibuatkan peraturan daerahnya. Mudah-mudahan di Sumut ini sudah ada perda hajinya," ujar Direktur Bina Haji Khoirizi ketika menjadi pembicara pada evaluasi itu.

Hadir bidang haji wilayah, para kepala kantor Kemenag kab kota se - Sumut, kasi haji, dinas kesehatan dan lembaga terkait yang tergabung dalam panitia haji daerah. 

Memotivasi yang hadir, Khoirizi menyampaikan tentang penyelenggaraan ibadah haji masa ke masa, "Ada dinamisasi, realitas dan tantangan. Realitas dan tantangan itu yang menjadi ajakan bagi kita untuk terus berkarya dan terus mendongkrak layanan," ujar dia.

Saat ini, butuh fokus dan memikirkan cara tepat, bertahap berkelanjutan tentang bimbingan manasik kepada jemaah haji. "Gagasan melakukan bimbingan manasik melalui kelas, menambah kuantitas jumlah bimbingan hingga peran pemerintah daerah dalam mensuport tentang bimbingan," kata dia.

Ia menambahkan, pelayanan meningkat setiap tahun secara kuantitatif berdasarkan survei kepuasan, "Ini hasil kerja kita bersama, dan jangan pernah puas dengan hasil. Justru hasil menjadi tolak ukur semakin giat melakukan karya gagasan ril meningkatkan layanan mendatang," terang Khoirizi.

Tahun 2016, hasil indeks kepuasan layanan jemaah 83,83, lalu naik menjadi 84.85 pada tahun 2017. Ada keyakinan tahun 2018 ini akan naik dengan berjalannya 10 inovasi layanan haji yang digagas Menteri Agama pada musim haji kemarin. (sr2/12)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kemenag #haji 

Berita Terkait

Arab Saudi Larang 3 Juta Warga Palestina Berhaji

Internasional

Yuk Jaga Kemabruran Haji

Nasional

Menag Jamin PTSP tanpa Pungli

Banten Raya

Dirjen Bimas Islam: Peran Ulama Menjaga Keutuhan Umat

Nasional

IKLAN