Liga Indonesia

Jamu Madura United, Persebaya Haram Ulangi Kekalahan di Kandang

Redaktur: Riznal Faisal
Jamu Madura United, Persebaya Haram Ulangi Kekalahan di Kandang - Liga Indonesia

Irfan Jaya (kiri) menjadi tumpuan lini depan Persebaya saat bentrok dengan Madura United Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (25/10) malam. AHMAD KHUSAINI /JAWA POS

INDOPOS.CO.ID - Tiga kali sudah Djadjang Nurdjaman memimpin Persebaya Surabaya berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Hasilnya, hanya satu kali menang dan dua lainnya berakhir engan  kekalahan. Termasuk kala dipermalukan Borneo FC 1-0 (13/10).

Kekalahan yang jelas haram diulang kala Persebaya menjamu Madura United di Stadion GBT (live Indosiar pukul 18.30 WIB). Untungnya, Green Force – julukan Persebaya- punya modal bagus. Kemenangan telak 4-1 atas Persib Bandung (20/10) membuat mental Rendi Irwan dkk terkerek. Nah, the winning team itu bakal kembali diandalkan untuk meneruskan tren positif.

Apalagi, dengan kedalaman skuad yang pas-pasan akibat badai cedera, Djanur - sapaan Djadjang- memang tak bisa banyak mengubah komposisi pemain. Kemungkinan, hanya posisi lini belakang yang akan diubah. Itu seiring dengan belum jelasnya kondisi cedera yang dialami Otavio Dutra. Lutut kanannya bermasalah usai laga lawan Persib. 

"Kami pesimistis apakah Dutra bisa diturunkan lawan Madura United. Tapi, kami akan lihat kondisinya sampai saat terakhir," kata Djanur. Namun, pemain 35 tahun itu tampak sudah bergabung dalam official training di Stadion GBT, kemarin sore. Kalaupun absen, Djanur sama sekali tidak panik. Sebab, Fandry Imbiri sudah terbebas dari skorsing dan siap diturunkan.

Lini depan tampaknya juga masih mengandalkan Osvaldo Haay dan Irfan Jaya. Hal itu membuat bek Madura United Andik Rendika Rama ketar-ketir.. "Mereka punya kecepatan. Tapi, saya sempat bertemu dengan Irfan (Jaya), saya katakan ke dia agar jangan berani melewati saya dalam laga besok (hari ini). Saya akan kasih perlawanan," katanya sembari terkekeh.

Dibanding tuan rumah, kondisi Madura United jauh lebih baik. Laskar Sape Kerrap hanya minus Greg Nwokolo yang masih dibekap cedera. Itupun masih ada Engelberd Sani, Bayu Gatra dan pemain asal Iran, Milad Zeneyedpour yang siap jadi pengganti. "Kami punya pemain yang berpengalaman," kata Pelatih Madura United Gomes de Oliveira.

Belum lagi Mamadou Samassa tengah on fire. Dia mampu mencetak brace kala Madura United ditahan imbang 2-2 oleh Persipura Jayapura (20/10). Gomes berharap performa itu bisa dipertahankan. Sebab, meski terpaut 10 poin dari PSM Makassar di puncak klasemen, Madura United masih mengincar gelar juara. "Kalau mau juara, kami harus menyapu bersih delapan laga sisa," tambah Gomes.

Catatan Djanur yang buruk di kandang juga akan dijadikan celah bagi Gomes. Menurutnya, penggawa Persebaya punya tekanan berat untuk menang saat mendapat dukukngan penuh. "Maka itu (dukungan) bisa jadi beban bagi pemain (Persebaya). Ini keuntungan buat kami. Kami harus bisa memanfaatkannya," tegas pelatih asal Brasil itu.

Sejauh ini, Persebaya sudah empat kali menelan kekalahan di kandang. Selain kalah dari 1-0 dari Borneo FC (13/10), Green Force juga takluk 2-1 dari Barito Putera (8/4), kalah 4-3 dari Persib (26/7), dipermalukan PS Tira 2-0 (11/9). "Kami sudah kalah di laga kandang terakhir (lawan Borneo FC). Jelas kami tak ingin kalah lagi, ini saatnya kami mempersembahkan kemenangan," terang Djanur. (gus/jpg)

Perkiraan pemain

Persebaya (4-3-3) : 33-Miswar Saputra (gk); 22-Abu Rizal Maulana, 44-Andri Muliadi, 5-Otavio Dutra, 14-Ruben Sanadi; 12-Rendi Irwan (c) , 6-Misbakus Solikin, 27-Fandi Eko Utomo; 41-Irfan Jaya, 20-Osvaldo Haay, 8-Oktafianus Fernando

Pelatih : Djadjang Nurdjaman

Madura United (4-3-3) : 88-Satria Tama (gk); 32-Beny Wahyudi, 15-Fabiano Beltrame, 26-Fachrudin Aryanto (c), 6-Andik Rendika Rama; 10-Slamet Nurcahyono, 4-Asep Berlian, 8-Milad Zeneyedpour; 23-Bayu Gatra, 21-Mamadou Samassa, 29-Zah Rahan Krangar

Pelatih : Gomes de Oliveira

Stadion : Gelora Bung Tomo, Surabaya

Live : Indosiar pukul 18.30 WIB

Berita Terkait

Bola Lokal / Aleksandar Rakic Ogah Terbebani Predikat Top Scorer

Bola Lokal / Beban di Pundak Dejan Antonic

Bola Lokal / Jaime Berlabuh di Madura United

Liga Indonesia / Madura United Depak De Oliveira

Liga Indonesia / Ruben Bisa ke MU, Osvaldo Bertahan

Liga Indonesia / Sedikit Waktu untuk Recovery


Baca Juga !.