Garuda Muda Gagal Terbang ke Piala Dunia

INDOPOS.CO.ID – Timnas Indonesia U-19 dibekuk Jepang U-19 dengan skor 2-0 pada laga per empat final Piala Asia U-19, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (28/10) malam. Hasil itu memupus harapan Garuda Muda berlaga di Piala Dunia U-20 Polandia.

Timnas Indonesia U-19 melenggang ke babak per empat final usai menempati posisi runner-up Grup A. Sementara itu, Timnas Jepang U-19 melaju usai memuncaki klasemen Grup B dengan poin sempurna dari tiga pertandingan.

Bermain di depan puluhan ribu suporter Indonesia, nyali Timnas Jepang U-19 tak ciut. Bahkan, tim Samurai Biru mampu membobol gawang Garuda Muda melalui sundulan Daiki Hashioka pada menit ke-10. Beruntung, pemain bernomor punggung 4 tersebut sudah berada pada posisi offside.

Timnas Indonesia U-19 yang sesekali menekan mendapatkan peluang emas untuk unggul pada menit ke-29. Bermula dari tendangan bebas Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu muncul dari belakang dan menyambar bola. Sayangnya, bola masih menyamping di sisi kanan gawang Timnas Jepang U-19.

Timnas Jepang U-19 kembali mengancam gawang Garuda Muda melaui tendangan bebas Takefusa Kubo pada menit pada menit ke-35. Namun, bola masih menyamping tipis di sisi gawang Muhammad Riyandi.

Satu menit berselang, Timnas Indonesia U-19 melancarkan serangan capat dari sisi kanan. Akan tetapi, tembakan Saddil Ramdani masih belum menemui sasaran.
Upaya Timnas Jepang U-19 akhirnya berbuah manis usai Higashi Shunki membobol gawang Garuda Muda pada menit ke-40. Tembakan keras Higashi dari luar kotak penalti meluncur mulus ke dalam gawang. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Dibabak kedua, timnas U-19 meningkatkan tempo serangan. Kans Indonesia pada menit 51′. Sayangnya, tendangan Luthfi Kamal dari jarak jauh tak menuju sasaran. Indonesia lebih berani dalam menyerang seiring dengan keadaan. Tapi hujan makin deras, jelas bukan hal mudah untuk kedua tim.

Penetrasi Indonesia mulai bisa menembus pertahanan Jepang. Pada menit ke-65, belum ada tembakan ke gawang yang membahayakan gawang Jepang. Menit 68′ tendangan bebas Saddil dari jarak dekat mampu ditepis oleh Kosei Tani.

Indonesia yang mulai asik menyerang malah akhirnya kembali dibobol oleh Jepang. Kali ini Taisei Miyashiro mencatatkan namanya di papan skor setelah tak dikawal di kotak penalti dan dengan mudah memperdaya Riyandi. 2-0 untuk Jepang.

Permainan Jepang begitu rapi, baik dalam bertahan mau pun menyerang. Bahkan serangan balik Jepang berulang kali nyaris saja membuat Indonesia kembali kebobolan. Skor 2-0 akhirnya bertahan hingga akhir laga. Indonesia masih sebatas 90 menit menuju Piala Dunia. (bam)

Komentar telah ditutup.