Hukum

Kasus Dugaan Suap DPRD Kalteng, KPK Sita Dokumen Perizinan

Redaktur: Heryanto
Kasus Dugaan Suap DPRD Kalteng, KPK Sita Dokumen Perizinan - Hukum

Juru Bicara KPK Febri Diansyah memberikan keterangannya di gedung KPK, Jakarta.

INDOPOS.CO.ID - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan kantor PT SMART dan PT BAP (Binasawit Abadi Pratama) perihal penanganan kasus dugaan suap terhadap anggota sejumlah DPRD Kalimantan Tengah dalam fungsi pengawasan.

Dari penggeledahan tersebut, KPK menyita sekitar 2 dus barang bukti dokumen mengenai perizinan dan dokumen korporasi lain serta barang bukti elektronik laptop dan hardisk.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengtakatan, penggeledahan ini dilakukan secara paralel dengan kegiatan penggeledahan di 3 lokasi Kalimantan Tengah, yang selesai pukul 04.00 WIB, Selasa (30/10/21018). Dan pemeriksaan terhadap tersangka manager legal PT BAP Teguh Dudy Syamsury Zaidy yang menyerahkan diri ke kantor KPK.

"Kami akan mempelajari lebih lanjut bukti-bukti yang telah didapatkan dari sekitar 5 lokasi sejak kemarin," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/10/2018).

KPK, lanjut Febri, tengah mendalami dugaan lain ada pemberian lain kepada anggota Komisi B DPRD Kalteng dari PT BAP. "Kepentingan pihak-pihak yang diduga memberikan uang pada sejumlah Anggota DPRD Kalteng, proses persetujuan di dalam korporasi sertai fakta lain yang relevan akan menjadi perhatian KPK," terang Febri.

Dalam kasus tersebut, KPK menetapkan empat tersangka. Yakni Ketua Komisi B DPRD Kalteng Borak Milton, Sekretaris Komisi B DPRD Kalteng, Punding LH Bangkan, anggota Komisi B DPRD Kalteng Arisavanah, dan Edy Rosada.

Mereka diduga menerima uang Rp 240 juta dari pengurus PT BAP agar tak menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) soal pencemaran lingkungan yang diduga dilakukan perusahaan tersebut. (dan)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / Kasus Gratifikasi RY, KPK Panggil Dua saksi

Nasional / Mau Bantu KPK Pilih Anggota, Kirim ke Email ini

Nasional / Lolos Seleksi, Ini 104 Nama Capim KPK

Nasional / KPK Ajak Anak Muda Pahami Pentingnya Pencegahan Korupsi


Baca Juga !.