Total Football

Melilla vs Real Madrid, Dua Pekan untuk Solari

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Melilla vs Real Madrid, Dua Pekan untuk Solari - Total Football

Santiago Solari saat mendampingi pemain Real Madrid. GABRIEL BOUYS/AFP

INDOPOS.CO.ID - Tidak banyak waktu bagi Santiago Solari memikirkan racikan yang pas bagi Real Madrid setelah naik tahta sebagai pelatih Real Madrid menggantikan Julen Lopetegui, Senin (30/10). Sebab, dini hari nanti pelatih 42 tahun itu langsung bekerja ketika mendampingi Los Merengues di leg pertama 32 besar Copa del Rey melawan Melilla.

Meski hanya melawan tim kasta ketiga Liga Spanyol, Indiecito tidak bisa santai. Sebab, penilaian terhadap kinerjanya di Real tidak akan lama. Ya, Solari hanya diberi waktu dua pekan untuk mengatrol performa Real.

Setelah itu, baru kinerjanya dievaluasi. Apakah layak mendapat kontrak sebagai pelatih kepala atau justru kembali ke Castilla dan Real bakal mendatangkan pelatih anyar. Nama Antonio Conte, meski saat ini negosiasi deadlock, tetap menjadi calon terkuat andai dalam dua pekan ke depan Sergio Ramos dkk belum "sembuh" dari tujuh pertandingan terakhir di semua ajang dengan hanya mengecap satu kemenangan. ''Selama bertahun-tahun, Real sudah membuktikan bahwa mereka selalu bisa melakukan kejutan,'' ucap duta La Liga sekaligus eks striker Real Madrid kepada Jawa Pos ketika disinggung mengenai kondisi Real saat ini.

Bila melihat yang dilakukan Zinedine Zidane di pertengahan musim 2015-2016, kans tersebut masih ada. Ya, jejak Zizou adalah salah satu faktor presiden Florentino Perez mempromosikan Solari ketimbang mengejar Conte sekuat tenaga.

Kala itu, Zizou yang juga baru mentas dari Castilla berhasil membuat Real tidak terkalahkan dalam delapan laga beruntun di semua ajang sejak menggantikan Rafael Benitez per 4 Januari 2016. Rinciannya, 6 menang dan 2 seri. Akhirnya, Zizou menjadi pelatih Real hingga musim lalu dengan salah satu prestasinya adalah membuat Real juara tiga kali beruntun Liga Champions.

Solari juga bisa melakukannya andai menyapu bersih empat laga ke depan dalam jarak dua pekan. Selain melawan Melilla dini hari nanti, dia sudah ditunggu dua jornada La Liga melawan Real Valladolid (3/11) dan Celta Vigo (12/11). Satu laga lagi adalah matchday keempat fase grup Liga Champions menghadapi VIktoria Plzen (8/11). Di atas kertas, dengan materi pemain Real, mereka bisa sapu bersih.

Hanya, ambisi bangkit Solari diganggu beberapa pilar yang cedera. Terbaru, bek Raphael Varane dan striker Mariano Diaz dipastikan cedera otot setidaknya memakan 10 hari. Varane bahkan bisa absen sebulan. Kedua pemain itu menyusul Marcelo dan Daniel Carvajal yang sebelumnya sudah cedera duluan.

''Tim ini adalah pemenang dan terkadang bisa berada di situasi sulit dan itulah saat Anda bisa melihat karakter masing-masing pemain. Saya akan lakukan semua yang saya bisa,'' ucap Solari dalam konferensi pers tadi malam seperti dilansir AS. (io)

Berita Terkait

Bola Dunia / Sukses Isco-Zizou

Bola Dunia / Sukses Isco-Zizou

Bola Dunia / Tancap Gas, Zizou Rekrut Eder Militao

Nasional / Pastikan Izin Lancar Tanpa Makelar

Bola Dunia / Zizou dan Faktor Carte Blanche

Bola Dunia / Resmi! Madrid Pecat Solari dan Tunjuk Kembali Zidane


Baca Juga !.