Sabtu, 17 November 2018 10:33 WIB
pmk

makanmakan

Satukan Eksotis Alam dengan Nikmatnya Kuliner

Redaktur: Achmad Sukarno

PADU: Berkunjung ke Kedai Bubuh Bali di Gianyar, tak bakalan membuat isi kantong terkuras. Selain murah, pemandangan alamnya jadi suguhan yang menarik, karena indahnya panorama dan nikmatnya kuliner dipadukatn untuk menarik wisatawan.

INDOPOS.CO.ID - Gianyar tidak saja dikenal sebagai Kota Seni di Bali,  namun kabupaten yang berada di sebelah timur Kota Denpasar ini, juga memiliki potensi wisata lainnya yang sangat sayang jika dilewatkan.  Salah satunya adalah aktivitas wisata alam dan wisata kuliner.

Kabupaten Gianyar memiliki beragam aktivitas wisata alam, diantaranya rafting dan bersepeda yang sangat menawan,  karena kondisi alamnya yang  sangat mendukung.

Sedangkan untuk aktivitas wisata kuliner,  Gianyar memiliki banyak sekali spot wisata kuliner yang menjual beragam jenis menu makanan khas Kabupaten Gianyar dengan harga yang ramah di kantong. Namun yang sangat menarik adalah digabungkannya wisata alam dengan wisata kuliner. Bila ingin mendapatkan keduanya dalam satu kunjungan, coba datang ke Kedai Bubuh Bali di Jalan Tirta Tawar Tegallalang,  tepatnya di perbatasan antara kawasan wisata Ubud dengan Tegallalang.

Kedai Bubuh Bali ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak saja menyediakan wisata kuliner bagi pencinta makanan khas Bali,  namun juga menyediakan fasilitas wisata alam yang hijau kepada wisatawan.

Pengelola Kedai Bubuh Bali, Sri Adnyani mengatakan, untuk aktivitas wisata alam, wisatawan yang datang ke Kedai Bubuh Bali bisa menikmati fasilitas bersepeda dengan menyusuri areal persawahan yang ada di sekitar jalan Tirta Tawar.  "Untuk sepedanya,  bisa membawa sendiri atau bisa menggunakan sepeda yang kami sediakan," jelasnya kepada Bali Express ( Jawa Pos Group), akhir pekan kemarin.

Wisatawan yang ingin berkeliling areal persawahan menggunakan sepeda, dikenakan biaya sewa sepeda sebesar Rp 15 ribu per tiga jam.  Rute sepeda yang tersedia hanya rute santai,  karena jenis sepeda yang disediakan  untuk aktivitas sepeda santai.

Jika tidak ingin bersepeda, lanjutnya, wisatawan bisa bersantai di Kedai Bubuh Bali  sambil menikmati pemandangan sawah dengan aktivitas keseharian petani. Hal ini bisa dilakukan karena Kedai Bubuh Bali terletak di areal persawahan.

Bangunan semi permanen yang terbuat dari kayu, lanjut Sri, menjadi ciri khas dari Kedai Bubuh Bali. Selain karena lokasi dari kedai ini ada di areal persawahan,  bangunan semi permanen sengaja dibuat supaya meminimalkan penggunaan material beton.

Selain itu,  diakui Sri,  pihakny memang sengaja mendesain Kedai Bubuh Bali ini dengan konsep terbuka, agar  pelanggan  bisa menikmati suasana persawahan dengan nyaman dan akses pandangan ke sawah bisa langsung,  tanpa adanya sekat tembok atau dinding.

Urusan menu,  Kedai Bubuh Bali memiliki beragam makanan dari yang buat cemil sampai bikin kenyang. Dengan uang Rp 5 ribu, sudah bisa menikmati  hidangan,  salah satunya Kolek Pisang Ubi.

Dikatakan Sri, menu favorit di kedai ini adalah Bubuh Bali,  yakni bubur khas Bali yang disajikan dengan kuah kaldu ayam bumbu Bali ditambah sayur urap,  kacang goreng dan rempeyek kacang.

Seorang pelanggan dari Bangli,  Ayu Pramitha,  mengaku suka nongkrong di Kedai Bubuh karena  harga makanannya murah, juga nikmat. Diakui Pramitha,  yang datang ke kedai ini,  tidak saja warga lokal, wisatawan asing pun suka berkunjung ke Kedai Bubuh Bali. "Beberapa kali saya datang,  sering kali ketemu dengan orang asing  bersantap di kedai ini," ungkapnya.

Sri mengakui, untuk wisatawan asing yang datang biasanya mereka datang setelah melakukan aktivitas bersepeda dan kebetulan juga melewati Jalan Tirta Tawar,  sehingga wisatawan mampir ke Kedai Bubuh Bali mematok harga relatif murah, muli dari Rp 5 ribu sampai dengan Rp 20 ribu per porsi.  "Harga kami patok cukup murah,  karena kami ingin semua kalangan bisa datang dan bersantai di kedai kami," pungkasnya. (bx/gek/yes/JPR)


TOPIK BERITA TERKAIT: #makanmakan 

Berita Terkait

First Crack Coffee Academy Cetak Ahli Kopi

makanmakan

IKLAN