Nasional

KPK Malaysia Sambangi KPK Untuk Perpanjang Kerja Sama

Redaktur: Heryanto
KPK Malaysia Sambangi KPK Untuk Perpanjang Kerja Sama - Nasional

Pertemuan MACC Malaysia dengan KPK RI dalam rangka perpanjangan MoU di Kantor KPK. Foto : Jaa Rizka Pradana / INDOPOS

INDOPOS.CO.ID -Malaysia Anti-Corruption Commision (MACC) mendatangi Kantor KPK untuk memperpanjang kerja sama pemberantasan korupsi dua instansi lintas negara di Markas KPK jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan, Senin (5/11/2018).


Ketua KPK Agus Raharjo mengatakan, perpanjangan kerja sama yang telah berlangsung dari tahun 2013 tersebut ada perbaikan-perbaikan dan penyempurnaan. Ia menyebut seperti program capacitive building serta melajutkan investigasi bersama. 


"Jadi kasus kami yang nanti terkait dengan keberadaan di Malaysia, kami akan minta bantuan MACC dan berlaku juga sebaliknya," kata Agus.


Selain itu, KPK juga bakal belajar anti-corruption learning yang telah dijalankan oleh MACC yang bahkan telah dilakukan pelatuhan secara internasional. Jadi, kata Agus, bagian dari pelatihan itu akan mendapatkan master di bidang anti-corruption.


Perwakilan MACC Dato' Sri Mohd Shukri bin Abdul mengatakan, kerja sama dengan KPK telah memberi banyak bantuan kepada MACC. "So, sekarang sudah banyak kasus yang selesai atas kerja sama yang rapat antara KPK dan MACC," katanya.


MACC sendiri, kata Dato Sri, bakal mempelajari format Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang telah dijalankan KPK.


"Kami dapati KPK sudah punya sistem yang cukup bagus dari segi sistem elektronik. Jadi Malaysia ingin belajar bagaimana sistem ini berjalan. Kami juga ingin belajar dari segi policy KPK, pegawai, saya akan stay di KPK sampai besok untuk belajar dua isu  ini," pungkasnya. (jaa)



Berita Terkait

Megapolitan / Neneng Mundur, Isu Mahar Politik Merebak

Nasional / Alat Sadap Dipertanyakan Lagi

Nasional / KPK Periksa Empat Koruptor RAPBD Jambi

Headline / Kasus Dana Hibah Kemenpora, KPK Periksa Dua Tersangka 

Nasional / PSSI Harus Ganti Petinggi


Baca Juga !.