Liga Indonesia

Barito Putera vs PS Tira, Keluar dari Masa Sulit

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Barito Putera vs PS Tira,  Keluar dari Masa Sulit - Liga Indonesia

Grafis TAPIEN/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Kekuatan Barito Putera kembali diuji dalam lanjutan Liga 1 2018 pekan ke-29. Menghadapi tim dari zona merah, PS Tira. Barito akan berusaha keras untuk meraih poin penuh di kandang mereka Stadion 17 Mei Banjarmasin, malam ini (5/11).

Skuad asuhan Jacksen F Tiago lagi dan lagi menargetkan poin penuh guna keluar dari rentetan hasil minor delapan laga terakhir tanpa meraih kemenangan. Namun, misi tersebut tak mudah jika melihat rekor pertemuan kedua tim dalam dua musim terakhir.

Musim lalu, Barito tak pernah meraih tiga poin kala berjumpa tim berjuluk The Army. Pada pertemuan pertama 2017 lalu, Barito takluk di kandang sendiri lewat gol semata wayang Erwin Ramdani. Di putaran kedua, Barito pun hanya mampu bermain imbang 1-1 di kandang PS Tira.

Bahkan dalam pertamuan pertama kedua tim musim 2018 ini. Barito kembali menelan kekalahan lewat gol semata wayang top scorer sementara PS Tira, Aleksander Rakic. So, tentu bukan sebuah jalan yang mudah bagi The Yellow River keluar dari masa sulit ini.

Hal tersebut diperparah dengan tidak adanya tiga pilar mereka yang dipanggil Timnas Indonesia. Sang kapten Hansamu Yama dan Rizky Pora ditambah pemain serba bisa Gavin Kwan Adsit. Meski angin segar juga menghampiri tim dengan kehadiran Rafi Syarahil dan M Riyandi pasca membela Timnas U-19 di ajang Piala Asia U-19.

“Mereka datang dengan semangat baru bagi kami, terlebih Rafi adalah pemain inti kami sebelum pergi. Kehadiran mereka akan menambah opsi bagi kami. Namun, untuk Riyandi kondisinya masih belum fit. Saya lihat jalannya masih agak pincang,” ungkap Pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago.

Namun, untuk keluar dari tekanan ini, Jacksen pun mengungkapkan sudah melakukan perubahan dalam program latihan yang dijalani. “Selama ini latihan yang kami jalani cukup kompleks bagi pemain. Oleh karena itu, kami (tim pelatih) berikan konsep latihan yang lebih simpel dengan tujuan pemain bisa lebih memahami dan tidak merasa terbebani,” jelas Jacksen.

“Selama ini kami jalani program latihan dengan sangat detail. Sekarang hanya diarahkan ke beberapa hal teknis yang sangat mendasar dengan harapan mereka bisa tampil lepas dan memutus paceklik kemenangan yang sudah kami lalui ini,” harap Jacksen.

Bahkan dengan situasi saat ini, dia menilai keadaan sudah berubah bagi Barito. Yang awalnya mampu menjadi pesaing dalam perebutan gelar juara, kini malah merosot ke papan tengah dan  sekarang mendekat zona merah.

Harapan untuk memutus tren memang sudah tekad seluruh tim. Seperti halnya Aaron Evans yang semakin termotivasi pasca kedatangan duo Timnas U-19 dan kelahiran putra kedua Jacksen, Diego Samir. “Saya sudah tidak sabar keluar dari masa sulit ini. Sudah waktunya untuk kembali meraih kemenangan,” tegas Evans.

Sementara  itu, Pelatih PS Tira Nil Maizar menginginkan para pemainnya fokus mengejar kemenangan. Tidak ada kamus seri, apalagi kalah.  Maklum posisi PS Tira masih kritis. Hasil minor bisa membuat tim milik TNI ini terjungkal. Oleh karena itu, taktik dan strategi khusus telah disiapkan Nil.

"Kami punya waktu lima hari untuk persiapan laga ini. Jadi semua pemain sudah siap untuk bermain habis-habisan. Kami bertekad mendapatkan poin di kandang Barito Putera," tutur pelatih asal Sumatera Barat itu. (bir/jpg)

 

Berita Terkait


Baca Juga !.