Headline

Tersangka Eni Kembalikan Duit Rp 1,3 miliar

Redaktur: Darul Fatah
Tersangka Eni Kembalikan Duit Rp 1,3 miliar - Headline

MALU- Eni Maulani Saragih di Gedung Pengadilan Tipikor, Jakarta. FOTO: ISMAIL POHAN/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Tersangka kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1 Eni Maulani Saragih mengembalikan uang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) senilai Rp 1,3 miliar.

"Tadi, ES (Eni Saragih) telah menyampaikan pengembalian uang Rp 1,3 miliar," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018).

Ia mengatakan, duit ini merupakan pengembalian tahap keempat yang telah disetor ke rekening bank penampungan KPK pada Senin, 5 November 2018.

Sebelumnya, bekas wakil ketua Komisi VII DPR itu telah mengembalikan duit dugaan suap dengan total Rp 2,25 miliar dalam tiga tahap.

"Pengembalian uang ini akan masuk dalam berkas perkara untuk kepentingan pembuktian di persidangan nanti," kata Febri.

Bekas aktivis ICW ini menjelaskan, lembaga antirasuah bakal mempertimbangkan sikap koperatif ini sebagai alasan yang meringankan sekaligus terkait permohonan Justice Collaborator (JC) yang diajukan oleh Eni.

"Tentu KPK tetap akan melihat sejauh mana tersangka secara konsisten mengakui perbuatannya dan membuka peran pihak lain seluas-luasnya," ungkap dia.

Hingga kini, KPK telah menerima pengembalian duit dalam kasus ini senilai Rp 4,26 miliar.

Rinciannya, pengembalian dari Eni Rp 3,55 miliar dan pengembalian dari panitia Munaslub Partai Golkar sebesar Rp 712 juta. (jaa)

Berita Terkait


Baca Juga !.