Internasional

Kim Jong Un Punya Lukisan Wajah Pertama

Redaktur: Indra Bonaparte
Kim Jong Un Punya Lukisan Wajah Pertama - Internasional

SUMRINGAH – Untuk pertama kalinya lukisan foto pemimpin Korea Utara dengan wajah yang riang gembira ditampilkan di ruang publik. (FOTO : KCNA VIA KNS / AFP)

INDOPOS.CO.ID – Wajah Kim Jong-un semringah. Dia tertawa lebar, memamerkan deretan giginya yang putih. Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) itu mengenakan setelan jas ala Barat. Sangat formal. Gambar setengah badan putra mendiang Kim Jong-il tersebut dibingkai dalam pigura setinggi 2,1 meter.

Lukisan wajah Jong-un yang ceria itu terpampang di Bandara Internasional Pyongyang pada Minggu (4/11). Di sampingnya, ada gambar setengah badan Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel dalam ukuran sama besar. Lukisan dua pemimpin tersebut sengaja dipajang untuk menyambut kedatangan Diaz-Canel ke Korut.

’’Gambar itu penting. Kini, secara simbolis, dia sejajar dengan mendiang ayah dan kakeknya,’’ ujar Peter Ward, analis NK News, sebagaimana dikutip majalah Time kemarin (6/11). Lukisan wajah tersebut dibuat Mansudae Art Studio setelah melewati proses seleksi dan pengawasan ketat.

Gambar Jong-un itu, sebagaimana lukisan Kim Jong-il dan Kim Il-sung, harus sempurna. Sebab, selanjutnya, gambar-gambar tersebut menghiasi gedung-gedung bertingkat di ibu kota Korut. Juga di beberapa kota besar lainnya. Sebentar lagi, potret Jong-un pun tersebar di berbagai lokasi di Korut.

Sejak memimpin Korut pada Desember 2011, Jong-un tidak punya gambar formal. Yang terpampang di berbagai media selama ini hanyalah foto biasa, bukan lukisan wajah. (sha/c14/hep/jpg)

Berita Terkait

Internasional / Uji Coba Rudal Korut Langgar Resolusi PBB

Internasional / Korea Utara Kecam Joe Biden Soal Kritiknya pada Kim Jong-un

Internasional / Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal

Internasional / Rudal Korut Tertangkap Kamera

Internasional / Korea Utara Kembali Luncurkan Rudal Jarak Jauh

Headline / Korea Utara Tembakkan Rudal Jarak Dekat ke Laut Timur


Baca Juga !.