Nasional

PDIP Masih Unggul di Jakarta

Redaktur: Purwoko
PDIP Masih Unggul di Jakarta - Nasional

SEMANGAT-Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama para kader dalam sebuah acara di Jakarta, beberapa waktu lalu. Foto:CHARLIE/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Posisi PDI Perjuangan di Ibu Kota Jakarta masih unggul dari parpol pesaingnya. Jika Pemilihan Legislatif (Pileg) digelar saat ini, 23,1 persen suara warga Jakarta akan menjadi milik partai berlambang banteng moncong putih itu. Begitu hasil survei LSI Denny JA memotret elektabilitas partai-partai politik di 10 provinsi. Sementara untuk Gerindra membuntuti di posisi kedua dengan perolehan suara 17,1 persen.

LSI Denny JA menggelar survei di 10 provinsi terbesar, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, dan Sulawesi Selatan.

Survei digelar pada 4-14 Oktober 2018. Survei setiap provinsi menggunakan 600 responden. Margin of error setiap provinsi sebesar 4,1 %. Total responden yang diambil dari 10 provinsi tersebut adalah 6.000 responden. Survei juga dilengkapi penelitian kualitatif, dengan metode analisis media, diskusi kelompok terarah, dan wawancara mendalam.

"Survei dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA," ujar peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby pada wartawan, Senin (5/11) lalu.

Hasilnya, PDIP jadi juara atau menang paling banyak, yakni di 5 provinsi (Sumut, Sumsel, Lampung, DKI, Jateng). Gerindra di posisi runner-up dengan memenangi 3 provinsi (Riau, Banten, Jawa Barat). Golkar menempati urutan ketiga dengan memenangi 1 provinsi, yakni Sulawesi Selatan.

"PDIP pun berpotensi makin memperkokoh posisinya sebagai partai yang pertama kali menjuarai pemilu berturut-turut dengan perolehan suara yang lebih besar dibandingkan dengan pemilu sebelumnya," tegas Adjie. Sedangkan di 10 Provinsi di Indonesia, PDIP juga tidak tergoyahkan dan saat ini masih bertengger diurutan atas. (ibl)

 

Berita Terkait

Politik / Rekapitulasi Nasional, PDIP Kuasai Provinsi Jawa Timur

Politik / Nama Puan Maharani Mencuat Menempati Kursi ketua DPR RI

Politik / PDIP Bisa Raih Tiga Kursi DPR dari Dapil IX Jateng

Politik / PDIP Surabaya Keberatan Hitung Suara Ulang

Politik / Jelang Pemilu,  Kader PDIP Gelar Istighasah


Baca Juga !.