Infografis

Rupiah Menguat pada Level Rp 14 Ribu Per Dolar, Indef Minta Perkuat Ekspor

Redaktur: Heryanto
Rupiah Menguat pada Level Rp 14 Ribu Per Dolar, Indef Minta Perkuat Ekspor - Infografis

Rupiah. Dok. INDOPOS

INDOPOS.CO.ID-Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika sejak tiga hari ini terus menguat. Kurs rupiah dikutip dari Jakarta interbank spot dollar rate (JISDOR), Rabu (7/11/2018) berada di level 14.764 per dollar Amerika. Pada Selasa (6/11/2018) rupiah berada di level 14.891 dan Senin (5/11/2018) berada di level 14.972.

Pengamat ekonomi Indef Bhima Yudhistira, mengatakan ekspor harus terus digenjot untuk memperkuat rupiah. "Sekarang nilai tukar rupiah 14 ribu rata-rata per dollar," ujar Bhima, saat diskusi di Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Menurutnya, ekspor yang dilakukan selain dapat mendongkrak rupiah juga membuat surplus neraca perdagangan. Jadi ekspor tidak terus hanya komoditas raw material. "Sejak VOC, kalau dulu kita ekspor rempah-rempah. Sekarang juga masih raw material. Hanya beda produknya saja. Harus ada hilirisasi produk yang bernilai tambah untuk di ekspor," ujarnya.

Bhima menambahkan, salah satu penyebab pelemahan rupiah karena kita defisit di minyak dan jasa. "Perlu optimalkan sektor lain. Misalnya optimalkan sektor jasa wisata," pungkasnya. (dai)

 

TAGS

Berita Terkait

Ekonomi / Ruang Penguatan Rupiah Masih Terbuka

Ekonomi / Aksi Ambil Untung Tekan IHSG

Headline / Rupiah Terus Menguat Dekati Angka Rp14 Ribu

Headline / Rupiah Menguat di Bawah Rp14.100

Ekonomi / Pemodal Buru Aset Emerging Market

Nasional / Misbakhun Ajak BI ke Pelosok Desa Sosialisasikan Rupiah


Baca Juga !.